Salin Artikel

Pembuat Drainase Temukan Nisan Kuno dengan Aksara Arab di Palembang, Diduga dari Awal Abad Ke-17

PALEMBANG, KOMPAS.com - Nisan kuno bertuliskan aksara Arab ditemukan oleh pekerja pembuatan drainase saat melakukan penggalian di daerah Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan.

Penemuan nisan kuno itu diketahui setelah potongan video pekerja yang sedang menggali drainase beredar di berbagai grup WhatsApp.

Dalam video berdurasi 19 detik itu, ada dua nisan bertuliskan aksara Arab yang sempat diangkat ke atas oleh para pekerja. Mereka pun tampak terkejut saat menemukan batu nisan tersebut.

“Jangan-jangan kuburan ini, Mas,” kata suara pria dalam rekaman video tersebut.

Sementara itu, arkeolog dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan Retno Purwanti menjelaskan, dari potongan foto dan video yang beredar, nisan bertuliskan aksara Arab tersebut diduga berasal pada awal abad ke-17.

Namun, hal ini masih dugaan sementara berdasarkan video yang beredar. Mereka perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.

Sampai saat ini, kata Retno, tim arkeolog masih menunggu Dinas Kebudayaan Kota Palembang untuk melayangkan surat ke PT Waskita Karya agar melakukan survei dan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, pengerjaan proyek drainase itu dilakukan oleh pihak Waskita Karya.

“Sampai saya menulis ini, belum ada kejelasan soal surat dan pertemuan antara tim survei (arkeolog dari Kantor Arkeologi Sumatera Selatan dan staf Dinas Kebudayaan Palembang). Dengan demikian, proses penelitian terhadap nisan tersebut belum bisa dilakukan,” kata Retno melalui pesan tertulis, Senin (17/1/2022).

Retno menjelaskan, penemuan yang diduga benda cagar budaya semestinya lebih dulu dilaporkan ke instansi berwenang. Akan tetapi, temuan itu nyatanya belum sempat dilaporkan oleh pihak PT Waskita Karya.

“Seharusnya pihak penemu wajib melaporkan ke instansi berwenang sesuai dengan amanat Pasal 23 ayat 1 tentang cagar budaya dan harusnya menghentikan pekerjaan sampai tim peneliti datang ke lokasi dan mengambil tindakan pengamanan terhadap temuan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang Ratu Dewa mengaku telah mengetahui kabar penemuan nisa kuno tersebut. Mereka pun saat ini melakukan tindak lanjut dengan berkoordinasi bersama pihak PT Waskita Karya.

“Dinas Kebudayaan sudah menindaklanjuti dan langsung berkoordinasi dengan Waskita Karya terkait hal tersebut,” ujar Dewa lewat pesan singkat.

Temuan 3 nisan kuno, ternyata beraksara Jawi

Dalam penggalian di daerah Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, ditemukan 3 nisan kuno yang awalnya disebut bertuliskan aksara Arab.

Setelah dilihat lagi, rupanya ketiga batu nisan kuno itu bertuliskan aksara Jawi, yakni perpaduan antara aksara Arab dan Melayu.

Retno mengatakan, ketiga nisan kuno itu berasal dari periode yang berbeda, yakni dari abad ke-16 hingga abad ke-19.

“Ini terlihat dari bentuk nisan tipe Kesultanan Demak dengan menggunakan aksara Jawi, yakni perpaduan antara Arab dan Melayu,”kata Retno, Senin (17/1/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/01/17/100740478/pembuat-drainase-temukan-nisan-kuno-dengan-aksara-arab-di-palembang-diduga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke