Salin Artikel

Sejarah Satpam dan Warna Seragamnya dari Masa ke Masa

Seragam satpam terbaru kini berubah warna dari warna coklat menjadi krem.

Pada lengan kiri baju, terdapat logo masing-masing perusahaan tempat penyedia jasa pengamanan.

Adapun seragam satpam diubah karena warna seragam coklat terlihat seperti seragam polisi, yang membuat sulit dibedakan.

Sejarah Satpam dan Bapak Satpam Indonesia

Melansir dari laman Antara, satuan pengamanan atau satpam dibentuk oleh Jenderal Polisi Awaloedin Djamin dengan terbitnya SKEP/126/XII/1980 pada 30 Desember 1980.

Latar belakang pembentukkan satpam adalah kurangnya jumlah anggota kepolisian berbanding jumlah penduduk, serta situasi keamanan pada saat itu.

Berawal dari dibentuknya Pam Swakarsa, anggota kepolisian menggandeng warga sipil yang bertugas untuk membantu menjaga keamanan.

Adapun sebutan satuan pengamanan atau satpam diambil dari istilah security guard yang kerap digunakan di luar negeri.

Sebagai pelopor tonggak berdirinya satuan pengamanan, maka Jenderal Polisi Awaloedin Djamin disebut sebagai Bapak Satpam Indonesia.

Hal ini pula yang menjadi alasan setiap tanggal 30 Desember dirayakan sebagai HUT Satpam Indonesia.

Pengertian Satpam Sesuai Peraturan Negara

Aturan mengenai satuan pengamanan (satpam) tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diteken oleh Kapolri Idham Aziz yang menjabat pada saat itu.

Pada pasal 1 dijelaskan bahwa satuan pengamanan yang selanjutnya disebut satpam adalah satuan atau kelompok profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas non yustisial yang dibentuk melalui perekrutan oleh badan usaha jasa pengamanan atau pengguna jasa satpam untuk melaksanakan pengamanan dalam menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Selanjutnya dijelaskan pula bahwa anggota satpam adalah petugas pengamanan swakarsa yang direkrut, dilatih, memiliki kartu tanda anggota dan status ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Terkait pembentukannya, pada pasal 5 dijelaskan untuk membentuk satpam harus melalui tahapan perekrutan, pelatihan, dan pengukuhan.

Lebih lanjut, tercantum pada pasal 33 pengawasan dan pengendaliannya dilakukan Kapolri yang dilaksanakan oleh: Ditbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, untuk tingkat Markas Besar Polri; dan/atau Ditbinmas Polda, untuk tingkat Polda.

Seragam Satpam Dari Waktu ke Waktu

Seragam satpam terlah mengalami perubahan dari waktu ke waktu sebagai berikut.

1. Seragam Satpam Putih-Biru

Sejak dibentuk pada 1980, Jenderal Polisi Awaloedin Djamin juga turut mempertimbangkan tentang seragam satpam.

Setelah dilakukan beberapa peragaan maka digunakanlah warna putih dan biru tua untuk seragam satpam gedung atau perusahaan, serta biru tua untuk penempatan di lapangan.

Seragam inilah yang kemudian sering dilihat dan identik dengan penampilan satpam yang dikenal masyarakat.

2. Seragam Satpam Coklat

Baru pada tahun 2020, jenis dan tampilan seragam satpam kemudian diperbarui seperti tercantum dalam lampiran Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020.

Seragam satpam diubah menjadi warna coklat dengan tampilan seragam menyesuaikan jenisnya.

Terdapat lima jenis seragam satpam antara lain Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Pakaian ini juga dilengkapi dengan tanda kepangkatan, lencana tanda kewenangan, dan pin tanda kualifikasi satpam.

Melansir laman Antara, Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang saat itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri sempat memberikan penjelasan soal perubahan warna seragam satpam menjadi coklat yang serupa dengan Korps Bhayangkara.

Brigjen (Pol) Awi menyebut penggantian itu dimaksudkan untuk menjalin kedekatan emosional antara institusi Polri dengan satpam.

Inilah yang menjadi alasan mengapa warna seragam satpam hampir serupa dengan seragam polisi.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan jika coklat merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan, pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman serta rasa percaya, keanggunan, ketabahan dan kejujuran.

3. Seragam Satpam Krem

Namun belakangan Polri mengungkap tengah mengkaji perubahan warna seragam menjadi krem untuk menghindari kebingungan di masyarakat dalam membedakan antara anggota Polri dengan satpam.

Rencananya setelah dilakukan pengkajian, seragam baru satpam akan diperkenalkan pada 30 Desember bertepatan dengan HUT Satpam Indonesia.

Seragam baru ini rencananya akan berlaku dan digunakan mulai tahun 2023.

Sumber:
peraturan.go.id 
antaranews.com 
nasional.kompas.com 

https://regional.kompas.com/read/2022/01/16/160636178/sejarah-satpam-dan-warna-seragamnya-dari-masa-ke-masa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke