Salin Artikel

Ciu Bekonang Bakal Diolah Jadi Alkohol Legal dan Tak Membahayakan Kesehatan

Ciu yang diolah para perajin di Desa Bekonang tidak lagi disalahgunakan sebagai minuman beralkohol, tetapi menjadi produk alkohol yang memiliki legalitas.

"Ini kami rencanakan di tahun 2022 ini kami akan menginisiasi agar ciu Bekonang ini tidak seperti itu nantinya," kata Kepala Bea Cukai Solo Budi Santoso ditemui di Solo, Jawa Tengah, Kamis (13/1/2022).

Pengolahan ciu Bekonang ke produk lain agar tidak membahayakan masyarakat.

Menurut Budi, ciu Bekonang mengandung metanol yang sangat besar sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

"Nantinya akan ada pengaturan agar produk-produknya legal dan tidak membahayakan untuk dikonsumsi oleh masyarakat karena akan kita alihkan untuk produk lain yang lebih bermanfaat," terang dia.

Sebagaimana diketahui pengolahan ciu sudah menjadi budaya turun-temurun sebagian masyarakat di Desa Bekonang.

Untuk merubah pengolahan ciu menjadi produk yang lebih bermanfaat dan memiliki legalitas harus membutuhkan dukungan semua pihak.

"Sehingga merubahnya perlu dukungan semua pihak. Kami sudah membuat konsepsi bagaimana pengelolaan pasar ini ke depan. Kami sudah presentasikan ke bupati dan wakil bupati Sukoharjo," kata dia.

"Jadi intinya nanti mereka mendapatkan izin ke depannya. Kemudian kita arahkan bukan untuk minuman tapi produknya nanti alkohol, dan atau produk-produk dari alkohol misalnya hand sanitizer, antiseptik dan produk lain," sambungnya.


Meski tergolong tradisional, kadar alkohol yang dihasilkan pada ciu Bekonang sangat tinggi. Pada sulingan pertama mengandung alkohol 20 persen.

Kemudian pada sulingan berikutnya memiliki kadar alkohol lebih dari 70 persen. 

Karenanya, alkohol yang dihasilkan bukan untuk diminum, tetapi digunakan untuk produk lain yang memiliki izin.

"Semuanya nanti diberikan perizinan, diberi fasilitas kemudahan-kemudahan sehingga mereka tetap bisa bekerja dan tidak kehilangan pekerjaan. Hanya kita arahkan kerjanya menjadi tidak membahayakan dari sisi kesehatan, termasuk limbah-limbahnya juga kita pikirkan," kata Budi.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/13/173702278/ciu-bekonang-bakal-diolah-jadi-alkohol-legal-dan-tak-membahayakan-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke