Salin Artikel

Iseng Periksa Tegangan Kabel 20.000 KV dengan Tespen, Pria Ini Terlempar dan Terluka Bakar Parah

Saksi mata kejadian Muhammad Saleh menuturkan, peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (12/1/2022) di Jalan Antasari Nunukan Timur, sekitar pukul 15.00 Wita.

"Mas Arif itu bekerja untuk memasang kanopi di bangunan yang saya sewa. Dia bekerja di lantai dua dan dekat kabel listrik inti. Mungkin niatnya iseng, dia tempelkan tespen ke kabel sehingga dia tersengat listrik tegangan tinggi," tuturnya, Kamis (13/1/2022).

Arif langsung terlempar ke samping kanan dan kepalanya membentur beton sehingga mengakibatkannya pingsan seketika.

Terdapat luka bakar lumayan parah di dada dan kedua tangannya.

"Untung terlemparnya ke kanan, kalau ke kiri bisa terjun dari gedung. Saya larikan dia ke Puskesmas, waktu itu meski dia tidak sadarkan diri, bagian kepala belakang bocor dan badannya terus bergetar seperti kejang kejang," lanjut Soleh.

Soleh mengaku sedikit kesulitan dengan status Arif yang ternyata tidak memiliki keluarga di Nunukan.

Arif adalah eks PMI Malaysia yang sudah sekitar dua tahun bekerja serabutan di Nunukan. Ia berasal dari Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

"Waktu sadar, dia bilang bagaimana saya harus membayar nanti?, saya katakan tenang saja, dibantu semua. Saya uruskan BPJS-nya, dan saya mencoba mempostingnya di media social. Alhamdulillah banyak yang simpati dan terkait biaya, tidak lagi menjadi masalah," kata Soleh.


Soleh menjelaskan, sebenarnya Arif adalah tukang pengganti yang diminta tukang sebelumnya untuk menyelesaikan pemasangan kanopi di gedung dua lantai.

Tukang sebelumnya mendadak ada urusan yang mengharuskannya absen dan meminta izin mencari pengganti agar pekerjaannya tidak terbengkalai.

Arif juga sudah menyelesaikan sebagian kanopi dan mulai memasangnya.

Hanya saja, keisengannya menimbulkan petaka. Dia harus terbaring tak berdaya di bangsal rumah sakit dengan balutan perban di sekujur tubuhnya.

"Kita doakan segera sembuh. Saya menyarankan untuk mengecek organ dalamnya, takutnya ada apa apa karena itu adalah sengatan listrik dengan tegangan tinggi," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/13/165124078/iseng-periksa-tegangan-kabel-20000-kv-dengan-tespen-pria-ini-terlempar-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke