Salin Artikel

Harga Minyak Goreng Tinggi, Pemprov Sumsel Gelar Operasi Pasar di 4 Daerah

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 77,7 ton minyak goreng disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam operasi pasar di 18 titik, Rabu (12/1/2022).

Operasi pasar ini dilakukan untuk menekan harga minyak goreng yang kini masih berada di angka antara Rp 19.000-Rp 21.000 per liter.

Dalam operasi pasar tersebut, minyak goreng dijual dengan harga Rp 14.000 per liter dengan setiap warga hanya dibatasi pembelian maksimal 2 liter.

Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan Ahmad Rizali mengatakan, operasi pasar 18 titik tersebut berada di Kota Palembang, Kabupaten Muara Enim, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Empat wilayah itu dipilih karena merupakan daerah yang paling tinggi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan stabilitas harga minyak goreng.

"Untuk di Palembang, salah satu tempat pelaksanaan operasi pasar ada di Pasar Tradisional Alang-Alang Lebar yang berada di perbatasan Palembang-Banyuasin," kata Rizali.

Rizali menjelaskan, mereka sebelumnya sudah pernah menggelar operasi pasar pada 22-28 Desember 2021 lalu dengan menyiapkan 25,5 ton minyak goreng.

Namun, harga tersebut masih tetap tinggi sehingga dilakukan operasi pasar tahap kedua dengan menyiapkan 52 ton minyak goreng digelar pada tanggal 12-28 Januari 2022.

"Operasi pasar ini akan terus dilakukan sampai harga kembali stabil," ujarnya.


Diduga ada permainan harga

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menduga, adanya permainan harga di tingkat produsen sampai pedagang eceran menjadi penyebab harga minyak goreng melambung tinggi.

Ia meminta produsen ataupun pengecer untuk tidak melakukan penimbunan sehinggga harga minyak goreng menjadi mahal.

"Kalau ada penimbunan, TNI-Polri akan menindak. Tolong jangan ada permianan," kata Herman.

Tak hanya itu, seluruh produsen kelapa sawit pun diminta untuk lebih memprioritaskan kebutuhan dalam negeri sebelum melakukan ekspor.

Sehingga, harga dalam negeri pun tetap dapat stabil.

"Kalau belum tercukupi jangan ekspor dulu,"imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/12/225109878/harga-minyak-goreng-tinggi-pemprov-sumsel-gelar-operasi-pasar-di-4-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke