Salin Artikel

Butuh Sosialisasi ke Masyarakat, Aceh Utara Mulai Vaksinasi Booster Pekan Depan

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara berencana memulai penyuntikan vaksin booster Covid-19 untuk masyarakat pekan depan.

Awalnya, vaksinasi booster akan dilakukan, Rabu (12/1/2022).

Namun, karena belum banyak masyarakat yang mengetahui, dinas kesehatan setempat harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Kepala Bidang Pengendali dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Utara, dr Ferianto menyebutkan, pihaknya saat ini sudah meminta seluruh petugas kesehatan di Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk melakukan sosialisasi vaksinasi booster pada masyarakat.

"Sehingga sepekan ini kita fokus dulu sosialisasi. Pekan depan baru kita fokus penyuntikan. Sedangkan dosis satu dan dua terus berjalan seperti biasa di seluruh Puskesmas," kata Ferianto melalui telepon, Rabu.

Dia menyebutkan, vaksinasi ini diberikan secara gratis untuk masyarakat.

Adapun syaratnya, penerima vaksin booster adalah mereka yang telah melakukan suntik vaksin dosis kedua selama enam bulan terakhir, dan diprioritaskan kelompok lanjut usia (Lansia).

"Untuk booster syaratnya harus enam bulan dulu setelah vaksin kedua. Selain itu usia diatas 18 tahun. Silakan datang ke Puskesmas di seluruh Aceh Utara, cukup menunjukan KTP (Kartu Tanda Penduduk), vaksin diberi secara gratis," kata Feri.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo memastikan seluruh vaksinasi booster atau dosis ketiga diberikan secara gratis pada masyarakat mulai Januari 2022.

Vaksinasi ini dilakukan oleh petugas medis di masing-masing Puskesmas atau tempat lain yang diselenggarakan oleh petugas kesehatan di kabupaten/kota.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/12/164339478/butuh-sosialisasi-ke-masyarakat-aceh-utara-mulai-vaksinasi-booster-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke