Salin Artikel

Demi Kejar Target Vaksinasi, Pemkot Padang Minta Setiap RT Bawa 3 Lansia untuk Divaksin

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat meminta setiap ketua Rukun Tetangga (RT) membawa tiga orang lanjut usia (Lansia) untuk divaksinasi.

Hal itu dilakukan demi mencapai target vaksinasi lansia.

"Kita harapkan setiap RT minimal membawa tiga orang lansia untuk divaksin. Bila itu dilakukan, jumlah RT di Kota Padang ada tiga ribu lebih, maka kita akan mendapatkan sembilan ribu lansia yang akan di vaksin. Sementara kita butuh vaksinasi enam ribu orang lagi agar bisa mencapai target vaksinasi lansia yaitu 60 persen," ujar Wali Kota Padang Hendri Septa, Rabu (12/1/2022) kepada sejumlah media.

Saat ini, capaian vaksinasi lansia di Kota Padang baru mencapai 50 persen.

Sedangkan target vaksinasi lansia di Kota Padang ada sebanyak 73 ribu orang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Padang Melinda Wilma mengatakan ada sejumlah penyebab lansia di Kota Padang masih enggan divaksinasi.

"Banyak lansia yang takut untuk divaksin. Kemudian ada yang dilarang oleh anggota keluarganya dan termakan berita hoaks mengenai vaksinasi," ujar Melinda Wilma melalui telepon, Senin (10/1/2022).

Masih belum tercapainya capaian vaksinasi lansia memberikan sejumlah dampak terhadap Kota Padang.

"Dampaknya adalah Kota Padang tidak bisa menggelar vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dan masih berada di PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 2 dan tidak bisa turun ke level 1," ujarnya.

Untuk itu, Melinda mengimbau warga Kota Padang agar divaksin terutama lansia.

Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain itu pemerintah juga sudah menyatakan bahwa vaksinasi aman dan halal. Masyarakat juga diminta tidak termakan berita bohong soal vaksin.

"Untuk masyarakat agar tidak takut divaksin. Bagi yang ingin divaksin, bisa mendatangi gerai vaksinasi atau puskesmas," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/12/160134578/demi-kejar-target-vaksinasi-pemkot-padang-minta-setiap-rt-bawa-3-lansia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke