Salin Artikel

Pantau Vaksinasi Covid-19 Anak, Pangdam Pattimura: Mereka Luar Biasa Tertib dan Bersemangat

Richard mengunjungi vaksinasi di SD Xaverius dan SD Kartika Ambon.

Dalam kesempatan itu, Pangdam Pattimura menyapa anak-anak yang didampingi para orangtuanya. Richard menyemangati mereka agar tidak takut disuntik.

Pangdam Pattimur juga meminta orangtua tidak khawatir karena vaksin untuk anak sangat penting.

“Saya mengimbau kepada para orangtua murid yang putra putrinya belum melaksanakan vaksinasi, agar segera divaksin dan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai anjuran yang berlaku,” kata Richard di sela-sela acara vaksinasi anak.

Richard mengatakan, vaksinasi Covid-19 anak dilakukan untuk membentuk kekebalan kelompok di sekolah dan keluarga.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi anak tersebut sesuai prosedur. Sebelum disuntik, anak-anak melewati screening kesehatan.

“Saya lihat juga pelaksanaannya tertib. Anak-anak ini juga luar biasa tertib dan bersemangat. Sejauh ini dari anak yang sudah divaksin, tidak ada persoalan, mereka tidak ada keluhan, sehat dan happy,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Ambon telah menekankan salah satu syarat pembelajaran tatap muka adalah para siswa harus sudah divaksin. Oleh karena itu, vaksinasi bagi anak sangat penting.

“Apabila sudah divaksin satu sekolah itu, baru boleh melakukan pembelajaran tatap muka,” kata Richard.


Sebanyak 200 anak menjalani vaksinasi Covid-19 pada hari pertama di SD Kartika. Sementara 1.000 anak mengikuti vaksinasi di SD Xaverius.

Adapun jumlah tenaga kesehatan yang terlibat dalam kegiatan itu mencapai 51 orang, baik dari Kesdam Pattimura serta Dinas Kesehatan Kota Ambon hingga puskesmas setempat.

Di waktu yang bersamaan, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif bersama sejumlah pejabat Polda Maluku juga memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SD Negeri 2 Ambon.

Saat memantau vaksinasi anak di sekolah tersebut, Latif ikut memberikan semangat kepada anak-anak dan para orangtua yang mendampingi.

Adapun vaksinasi anak di Kota Ambon ikut didukung langsung Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Maluku dengan mengerahkan sejumlah tim medis.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/11/163242878/pantau-vaksinasi-covid-19-anak-pangdam-pattimura-mereka-luar-biasa-tertib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke