Salin Artikel

51 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Luwu, Plt Gubernur Sulsel Salurkan Buffer Stock

LUWU, KOMPAS.com – Bencana puting beliung disertai hujan deras yang menerjang 3 desa di Luwu yakni Desa Raja, Desa Lengkong dan Desa Karang-karangan membuat 51 unit rumah warga rusak.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bantuan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan telah disalurkan ke masyarakat pada Sabtu (08/01/2022) malam dan bantuan itu dibagikan oleh Dinsos Kabupaten Luwu.

“Bantuan Dinas Sosial Provinsi telah disalurkan ke masyarakat terdampak angin puting beliung untuk 3 desa di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. Kami prihatin terhadap masyarakat yang rumahnya rusak, serta berharap bantuan tersebut dapat membantu masyarakat terdampak,” kata Andi Sudirman, melalui rilis yang disampaikan, Minggu (9/1/2022).

Kepala Dinas Sosial Sulsel, Andi Irawan Bintang mengatakan, pihaknya telah menyiapkan buffer stock atau stok penyangga kebutuhan bahan bantuan sosial dalam penanganan pasca-bencana yang siap dikeluarkan kapanpun.

"Kami telah menyiapkan buffer stock di kabupaten untuk antisipasi bencana di daerah. Namun kami tetap memantau dan siap memberikan tambahan bantuan logistik di daerah," ucap Andi Irawan

Sebelumnya diberitakan Hujan Deras disertai angin puting beliung menerjang 3 desa di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Sabtu (08/01/2022) sore pukul 16.00 Wita.

Sebanyak 51 rumah rusak di Desa Raja, Desa Lengkong dan Desa Karang-karangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan rusak diterjang angin puting beliung.

Sebelumnya, dilaporkan musibah ini merusak 45 rumah.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BDBD) Luwu Aminuddin mengatakan, jumlah rumah yang rusak bertambah setelah ada pendataan di Desa Karang-karangan.

"Jadi total rumah rusak sebanyak 51 unit rumah dengan rincian Desa Raja 20 unit rumah, Desa Lengkong 21 unit rumah dan Desa Karang-Karangan 10 unit rumah,” jelas Aminuddin, Minggu (9/1/2022).

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Hasral berkata, warga yang rumahnya rusak sudah mengungsi sejak Sabtu malam ke rumah kerabat terdekat.

“Kami juga akan mendirikan tenda darurat untuk membantu warga yang mengungsi, kondisi di lokasi saat ini terjadi pemadaman lampu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” ucap Hasral.

Lanjut Hasral, selain rumah warga rusak diterjang puting beliung, sejumlah pohon tumbang juga terjadi di sepanjang jalan trans sulawesi yang mengakibatkan kemacetan.

“Sejumlah pohon tumbang di jalan trans sulawesi Desa Karang-karangan dan Desa Lengkong, proses pemindahan material berlangsung hingga pukul 21.00 Wita yang dibantu oleh warga setempat,” ujar hasral.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/09/184526678/51-rumah-rusak-akibat-puting-beliung-di-luwu-plt-gubernur-sulsel-salurkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke