Salin Artikel

Angin Puting Beliung Terjang 3 Desa di Luwu, 45 Rumah Rusak

Ketiga desa tersebut yakni Desa Raja, Desa Lengkong dan Desa Karang-karangan.

45 rumah warga rusak

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Hasral mengatakan akibat angin puting beliung, terdapat 45 unit rumah warga rusak.

“Kejadiannya sekitar pukul 16.00 Wita, angin puting beliung menerjang 3 desa dan 45 unit rumah warga rusak dengan rincian masing-masing desa yakni Desa Raja 20 unit rumah, Desa Lengkong  21 unit rumah dan Desa Karang-karangan 4 unit rumah,” kata Hasral.

Hasral mengatakan, untuk rumah warga yang rusak parah atau rusak berat dari masing-masing desa yaitu Desa Raja 10 unit rumah, Desa Lengkong  4 unit rumah, dan Desa Karang-karangan 2 unit rumah.

“Warga yang rumahnya rusak parah kini mengungsi di rumah keluarga dan malam ini kami akan mendirikan tenda darurat untuk membantu warga yang mengungsi, kondisi di lokasi saat ini terjadi pemadaman lampu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” ucap Hasral.

Pohon tumbang

Selain rumah warga rusak diterjang puting beliung, sejumlah pohon juga tumbang di sepanjang Jalan Trans Sulawesi yang mengakibatkan kemacetan. 

“Sejumlah pohon tumbang di Jalan Trans Sulawesi Desa Karang-karangan dan Desa Lengkong, proses pemindahan material berlangsung hingga pukul 21.00 Wita yang dibantu oleh warga setempat,” ujarnya.


Kepala Desa Raja, Tawakal mengatakan pascakejadian, warga langsung bergotong royong membenahi rumah yang rusak dan mengungsikan warganya yang terdampak ke rumah kerabat maupun keluarga.

“Kami ungsikan warga ke rumah keluarga mengingat sudah malam dan peralatan bantuan seperti tenda atau terpal dan bahan makanan masih dalam perjalanan dibawa oleh BPBD dan Tagana,” tutur Tawakal. 

https://regional.kompas.com/read/2022/01/08/224119078/angin-puting-beliung-terjang-3-desa-di-luwu-45-rumah-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke