Salin Artikel

Hendak Beli Mobil di Marketplace, Pria di Salatiga Malah Tertipu Rp 82 Juta

Hijri Adi Ridwan (34), warga Dusun Krajan, Desa Kesongo, Kabupaten Semarang itu mengungkapkan, awalnya dia hendak membeli mobil melalui situs OLX pada Rabu (5/1/2021).

"Saya tertarik dengan Honda Brio AA 1389 BA, apalagi alamat penjualnya di Salatiga sehingga mudah dan dekat saat akan melakukan pengecekan," jelasnya, Jumat (7/1/2021) saat dihubungi.

Kemudian dia menghubungi nomor kontak yang tertera. "Saat saya kontak, dia mengaku bernama Rahman sebagai paman dari Titik selaku pemilik mobil Honda Brio yang dijual tersebut,”jelas Hijri.

Komunikasi pun berlanjut hingga Hijri diarahkan untuk ketemu Titik selaku pemilik mobil. "Ketemunya di rumah Titik, lalu saya melihat mobilnya. Merasa cocok dengan mobil tersebut, saya berniat melakukan pembayaran," ungkapnya.

Namun, lanjut Hijri, Titik merasa takut saat akan bertransaksi dan diminta untuk telepon Rahman. "Saya yakin saja karena Rahman mengaku paman dari Titik, karena Titik menyebutkan jika Rahman tersebut adalah pamannya,” ungkap Hijri.

Dalam tawar menawar tersebut, disepakati harga mobil Rp 82 juta.

“Pertama saya mentransfer sebesar Rp 75 juta ke nomor rekening yang diberikan Rahman. Dan yang mentransfer paman saya bernama Suudi lewat M Banking BCA, yang saat kejadian berada di Sidoarjo Jawa Timur. Selanjutnya untuk kekuranganya saya transfer sendiri melalui M Banking BRI,” jelas Hijri.

Setelah pembayaran sesuai kesepakatan dilakukan, ia memberi tahu Titik. "Lalu Titik menyampaikan menunggu konfirmasi dari Rahman, melakukan pembayaran kepada dirinya. Ketika hendak dikonfirmasi ke Rahman, nomornya sudah tidak bisa dihubungi," ungkapnya.

“Ketika nomor Rahman tidak bisa dihubungi, justru Titik menyampaikan jika kita ini kena tipu, dan setelah itu Titik mengaku jika Rahman bukanlah pamannya dan ia tidak kenal," katanya.

Kasi Humas Polres Salatiga AKP Hari Slamet Trianto saat dikonfirmasi menyampaikan kasus ini masih tahap penyelidikan. "Kepolisian melakukan klarifikasi korban dan saksi, kita juga melakukan koordinasi dengan Tim Resmob untuk pengembangan," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/07/163244578/hendak-beli-mobil-di-marketplace-pria-di-salatiga-malah-tertipu-rp-82-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke