Salin Artikel

Ini Isi Rekaman Suara ASN Marahi Bupati Lembata karena Tak Dilantik Jadi Kepala Dinas

Rekaman itu merupakan suara Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lembata Stanis Kebesa Langoday yang ikut seleksi jabatan eselon II, namun tak dilantik menjadi kepala dinas pada Rabu (5/1/2022).

Awalnya rekaman suara itu terkirim dalam grup WhatsApp Forum Komunikasi AKU Lembata yang kemudian beredar luas.

Berikut isi rekaman suaranya:

"Masa Piter Demong yang S1, saya S2. Saya pangkat lebih besar, lalu Thomas Ola punya otak ada di mana. Jadi Piter Demung sudah dilantik jadi Kadis Kominfo, segera kasih keluar saya untuk jadi staf ka apa. Kasih keluar saya. Masa Piter Demong perintah saya," ungkap Stanis dalam rekaman suara yang diperoleh Kompas.com, Kamis (6/1/2022).

Ia pun meminta sekda dan bupati menunjukan hasil penilaian seleksi yang membuat dirinya tidak dilantik menjadi Kepala Dinas Kominfo.

"Saya minta Pak Sekda dan Bupati tolong kasih keluar saya punya nilai. Supaya saya kalah, juga kalah terhormatlah. Pak Sekda Paskalis Tapobali dan Bupati Thomas Ola, saya hanya butuh nilainya. Stanis Kebesa saat lelang kemarin, nilainya paling rendah atau bagaimana," ungkapnya.

"Kalau saya nilai terendah untuk apa juga saya protes.Tapi tidak enaklah, masa orang datang, saya ini senior lalu saya sekretaris Dinas, eh, segera kasi keluar saya, saya ingatkan Pak Sekda dan Pak Bupati, segera kasi keluar saya jadi staf atau di mana saja,” lanjutnya.

Penjelasan ASN

Saat dikonfirmasi, Stanis membenarkan bahwa rekaman yang beredar tersebut adalah suaranya.

Stanis menyampaikan permohonan maaf kepada Pemda Lembata. Dia mengaku menyesal dengan tindakan yang terjadi.

"Atas nama pribadi dan juga sebagai ASN, saya dengan rendah hati memohon maaf tak terhingga kepada bapak Bupati Lembata, bapak Sekda, bapak-bapak Pejabat Tinggi Pratama dan para administrator dalam grup Forkom, atas pernyataan saya yang tidak beretika," katanya.

Dia pun bersedia menerima konsekuensi atas tindakannya itu.

"Sekali lagi saya mohon maaf dan siap salah, dan menerima hukuman sesuai dengan aturan yang berlaku. Sekali lagi di ruang ini saya menyatakan permohonan maaf. Salam sehat," katanya.

Tanggapan bupati

Bupati Lembata Thomas Ola Langoday mengatakan, proses seleksi jabatan kepala dinas atau eselon II sudah berjalan sesuai aturan.

"Ampunilah dia karena dia tidak tahu apa yang dia omong," kata Thomas saat dikonfirmasi.

Ia menyayangkan sikap ASN tersebut karena semestinya memahami regulasi yang ada.

Kendati demikian, Thomas mengatakan tak akan mengambil tindakan apapun terhadap ASN tersebut.

"Kalau melawan regulasi, maka nanti regulasi yang menghukumnya," ucapnya.

Sementara itu Sekda Lembata Paskalis Tapobali, mengatakan, sudah mengumpulkan semua barang bukti dalam bentuk rekaman maupun tulisan.

"Tim sudah dalami dan ditemukan ada dua persoalan prinsip di sana yakni berkaitan dengan unsur pidana dan tindakan indisipliner. Unit pidana kami sedang koordinasi menyiapkan laporan polisi," kata Paskalis.

Sementara untuk pelanggaran disiplin, pihaknya membentuk tim pemeriksa yang langsung diambil alih Sekda.

KOMPAS.com / (Penulis: Kontributor Maumere, Nansianus Taris | Editor: Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2022/01/07/061549078/ini-isi-rekaman-suara-asn-marahi-bupati-lembata-karena-tak-dilantik-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke