Salin Artikel

KM Tanimbar Bahari Karam di Saumlaki, BPBD: Kapal Itu Memuat Barang Dagangan dan Mobil Warga

Kapal barang tersebut tenggelam setelah sempat berlabuh sekitar 300 meter dari Pelabuhan Yos Sudarso, Saumlaki, sekitar pukul 16.30 WIT.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Tanimbar Bruno Layn mengatakan, kapal itu tenggelam bersama sejumlah barang pesanan warga Tanimbar, termasuk beberapa mobil warga.

“Kapal itu muat banyak barang dagangan termasuk ada orang punya mobil warga sekitar delapan buah,” kata Bruno kepada Kompas.com via telepon seluler, Rabu.

Bruno mengaku sempat mengecek kapal tersebut pada Selasa (4/1/2022). Ia melihat kapal itu mengangkut barang dagangan dan mobil.

“Ada orang punya pesanan juga, kemarin saya lewat di situ kapal lagi berlabuh dan ada mobil sekitar delapan buah di atas kapal itu,” ungkapnya.

KM  Tanimbar Bahari yang tenggelam itu merupakan kapal ekspedisi yang khusus mengangkut barang. Adapun kapal tersebut bukanlah kapal kayu melainkan kapal yang terbuat dari besi.

“Itu kapal dari besi semua modelnya seperti kapal perintis dagang seperti kapal sabuk begitu. Itu kapal baru dari Surabaya tapi karena cuaca buruk di teluk lalu dia tidak bisa sandar di pelabuhan,” ungkapnya.

Bruno mengungakui kapal itu mengangkut 15 anak buah kapal bersama nakhoda. Mereka selamat dalam musibah tersebut setelah melompat dan berenang ke pelabuhan.

“Tadi sempat ada satu ABK yang dilaporkan hilang, tapi sudah ditemukan mungkin karena jarak pandang jadi ABK itu tidak terlihat,” katanya.

Bruno menambahkan, kondisi angin saat kapal tersebut tenggelam tidak terlalu kencang, hanya saja hujan sangat deras dan gelombang sangat tinggi.

“Jadi air masuk pelan-pelan sampai kapal miring lalu tenggelam sampai kapal tidak terlihat sama sekali,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/05/205504578/km-tanimbar-bahari-karam-di-saumlaki-bpbd-kapal-itu-memuat-barang-dagangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke