Salin Artikel

Belajar Tatap Muka di Kediri, Pemkot Yakin Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Rampung Akhir Januari

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adhima mengatakan, pihaknya menargetkan akhir Januari 2022 anak-anak usia 6-11 tahun telah tervaksin.

“Per Desember 2021 vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 43 persen. Januari ini kami targetkan selesai,” ujar Fauzan dalam siaran pers Diskominfo Kota Kediri, Selasa, (4/1/2022).

Sementara untuk anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), vaksinasi telah terlaksana sebelumnya.

Fauzan mengungkapkan, hingga kini tidak didapati laporan adanya anak yang mengalami gejala setelah divaksin.

Meski demikian, pihaknya meminta kepada orangtua untuk memastikan kondisi dan kesehatan anak saat hendak divaksin maupun seusai vaksinasi.

“Anak dalam kondisi sehat, saat screening disampaikan jujur tentang kondisi anak dan apabila ada gejala yang dicurigai KIPI segera melaporkan kepada petugas,” ujarnya.

Vaksinasi anak usia sekolah itu sebagai salah satu upaya Pemkot Kediri menyiapkan pendidikan tatap muka (PTM) yang harus terlaksana di semester genap tahun ajaran 2021/2022.

Mengingat, capaian vaksinasi siswa dan guru menjadi salah satu syarat pelaksanaan PTM. Selain penerapan protokol kesehatan ketat.

Dalam vaksinasi anak, Pemkot Kediri menggunakan vaksin merek Sinovac atau merek lain yang sudah mengantongi Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM dengan dosis 0,5 ml.

Untuk vaksin Sinovac, interval pemberian dosis pertama dan dosis kedua adalah 28 hari, serta harus didahului dengan proses screening kesehatan sesuai standar yang berlaku.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/04/170225278/belajar-tatap-muka-di-kediri-pemkot-yakin-vaksinasi-anak-usia-6-11-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke