Salin Artikel

Jembatan Apung di Bandung Barat Ambruk, 2 Pengendara Motor Nyemplung ke Sungai Citarum

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com- Dua pengendara sepeda motor tercebur ke dalam sungai saat melintasi Jembatan Jembalas  yang menghubungkan Kecamatan Batujajar dan Cihampelas di Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Jembatan yang berada di atas aliran Sungai Citarum tersebut ambruk pada Minggu (2/1/2022) siang.

Beruntung, kejadian tersebut tidak sampai menyebabkan korban jiwa karena korban terjatuh ke aliran sungai yang dangkal.

"Itu yang patah kebetulan hanya bagian pinggir saja dengan panjang sekitar 4 meter, ruas yang lainnya masih aman," kata Pengelola Jembatan Jembalas, Cecep Sumanta, saat dihubungi, Senin (3/1/2022).

Cecep menjelaskan, jembatan sepanjang 540 meter dan lebar 2,5 meter tersebut rusak akibat tiupan angin kencang pada saat kejadian.

Konstruksi jembatan ambruk setelah drum yang menjadi penyangganya terbalik sehingga menyebabkan sebagian jembatan patah.

Cecep juga memastikan pengendara motor yang tercebur,  selamat dan tidak sampai menyebabkan luka serius.

"Saya sudah konfirmasi kondisi mereka enggak apa- apa. Tapi ada kabar orang sampai hilang, tapi kenyatannya enggak ada," akunya.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Batujajar, AKP Nana Supriatna mengatakan, sebelum ada pemaparan dan evaluasi soal kejadian tersebut, pihaknya sudah meminta pengelola untuk tidak membuka dulu jembatan tersebut.

"Kita minta ke pengelolanya untuk dikumpulkan teknisi, konsultan untuk paparkan serta evaluasi. Sebelum ada paparan dan evaluasi jangan dibuka dulu," ujar Nana saat dihubungi.

Nana menambahkan, setelah mendapat laporan soal kejadian tersebut, pihaknya juga langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian.

"Tadi saya ke sana (lokasi kejadian), jadi itu akibat air naik terus angin kencang akhirnya drum penahan yang di bawah jembatan itu kebalik dan patah jembatannya," bebernya.

Nana mengatakan, pengendara sepeda motor yang menjadi korban saat jembatan tersebut patah dalam kondisi baik pascadilarikan ke klinik terdekat. Dia memastikan tidak ada luka serius yang diderita korban.

"Katanya enggak apa-apa, jadi cuma kaget saja dan sekarang sudah pulang ke rumahnya," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/03/140634378/jembatan-apung-di-bandung-barat-ambruk-2-pengendara-motor-nyemplung-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke