Salin Artikel

Dinyatakan Sehat secara Kejiwaaan, Pria yang Bunuh 5 Orang di OKU Jadi Tersangka, Terancam Hukuman Mati

KOMPAS.com - Setelah dinyatakan sehat secara kejiwaan, Otori Effendi (25), warga Kampung I, Desa Sungai Bunglai, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, yang membunuh lima orang tetangganya ditetapkan polisi sebagai tersangka.

"Hasil pemeriksaan tersangka dinyatakan sehat tidak ada mengalami gangguan jiwa," kata Kasi Humas Polres OKU AKP Mardi Nusra melalui sambungan telepon, Jumat (31/12/2021).

Berdasarakan hasil pemeriksaan medis tersebut, kata Mardi, Otori pun sudah ditetapkan sebagai tersangka lantaran telah membunuh lima orang warga.

Selain mengamankan pelaku, turut juga diamankan barang bukti berupa pisau, dan rekaman Closed Circuit Television (CCTV).

Atas perbuatannya, kata Mardi, Otori dikenakan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati atau seuumur hidup.

"Barang bukti pisau, bahkan rekaman CCTV juga sudah kita amankan, tersangka bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya karena dinyatakan sehat," jelasnya.


Mardi mengaku pihaknya belum mengetahui motif Otori melakukan pembunuhan tersebut.

Saat ini, sambungnya, penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku.

"Penyidik masih menggali keterangan motif dari tindakan pelaku ini," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak lima orang di Kampung I, Desa Sungai Bunglai, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU, Sumsel, tewas usai ditusuk orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) bernama Oori Efendi (25) yang mengamuk tanpa sebab, Jumat (26/11/2021) sekitar pukul 16.30 WIB.

Adapun kelima korban tewas, yakni Sari (45), seorang ibu rumah tangga, Ikrom (48), Endang (40), Hendri Jaya (33), dan Erni (35).

Kejadian berawal saat pelaku keluar dari rumahnya dengan menggunakan sepeda motor dan makan siomai di sebuah warung.


Saat itu pelaku bertemu dengan korban Hendri dan langsung menusuknya.

“Kemudian terjadi keributan di sana. Sehingga, korban kedua bernama Ikhrom yang sedang melintas di lokasi berhenti bermaksud hendak melihat, namun pelaku malah ikut kena tusuk,” kata Mardi kepada wartawan, Sabtu (27/11/2021).

Usai menusuk kedua korban, pelaku kemudian masuk ke belakang rumah warga ke arah sumur. Di sana, ia bertemu dengan Erni yang sedang mengambil air korban lalu ditusuk pelaku.

Mendengar suara istrinya menjerit, Endang kemuduian keluar rumah untuk menolong, saat hendak menolong ia juga ditusuk pelaku.

"Korban kelima atas nama Sari yang mendengar keributan langsung keluar rumah, tapi korban malah ikut diserang dan dianiaya oleh pelaku hingga tewas dengan menggunakan senjata tajam. Setelah mengeksekusi kelima korban, pelaku langsung pulang ke rumah," ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan kejiwaan, ternyata hasilnya pelaku dinyatakan sehat hingga akhirnya Otori ditetapkan polisi sebagai tersangka.

 

(Penulis : Kontributor Palembang, Aji YK Putra | Editor : I Kadek Wira Aditya)

https://regional.kompas.com/read/2022/01/01/131228178/dinyatakan-sehat-secara-kejiwaaan-pria-yang-bunuh-5-orang-di-oku-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke