Salin Artikel

Diduga Kelelahan, Deni Pingsan di Atas Pohon Setinggi 10 Meter Berjam-jam

Ibu Deni adalah orang pertama yang mengetahui anaknya tersebut pingsan dalam posisi duduk di satu percabangan pohon di ketinggian 10 meter dari permukaan tanah.

Terduduk pingsan di percabangan pohon

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Kabupaten Blitar Teddy Prasojo mengatakan, Deni telah berada di atas pohon randu itu selama lebih dari tiga jam saat petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pukul 14.30 WIB.

"Waktu kami tiba di lokasi, korban terduduk pingsan di percabangan pohon dan tubuhnya sudah diikat tali agar tidak jatuh," kata Teddy kepada Kompas.com, Jumat malam.

Menurut Teddy, petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menurunkan Deni dengan selamat.

"Sampai di bawah korban masih belum siuman dan kita larikan ke RSUD Mardhi Waluyo. Tapi beberapa saat kemudian korban sudah sadarkan diri," kata Teddy.

Tiga jam lebih memanjat pohon

Berdasarkan keterangan warga sekitar, kata Teddy, Deni sudah mulai memanjat pohon randu berukuran besar itu sejak pukul 10.30 WIB.

Deni memanjat pohon tersebut, ujarnya, karena disuruh ibunya untuk mencari daun untuk pakan kambing ternak mereka.

Karena pohon cukup rimbun, butuh waktu lama bagi Deni untuk memangkas dahan-dahan pohon randu.

"Sepertinya waktu itu dia sudah merasakan hendak pingsan sehingga ketika tetangga datang dia minta dibawakan air putih," ujar Teddy.

Menggunakan tangga bambu, tetangga Teddy mengantarkan air minum untuk Deni, tapi setelah meminumnya justru Deni muntah-muntah.

Tidak lama kemudian, Deni pingsan dalam posisi terduduk di percabangan pohon di ketinggian 10 meter dari permukaan tanah.

Sejumlah warga mencoba hendak menurunkan Deni namun urung karena takut membahayakan Deni.

"Akhirnya, warga mengikat tubuh korban dengan tali ke pohon agar dia tidak terjatuh. Warga kemudian melapor ke kami," jelas Teddy.

Menurut Teddy, pihaknya menerima laporan warga sekitar pukul 14.00 WIB dan mengevakuasinya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/31/203151878/diduga-kelelahan-deni-pingsan-di-atas-pohon-setinggi-10-meter-berjam-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke