Salin Artikel

Cari Speedboat yang Hilang di Perairan Asmat-Timika, SAR Gabungan Terjunkan 3 Tim

TIMIKA, KOMPAS.com - Tim pencarian dan pertolongan atau SAR gabungan menerjunkan tiga tim untuk mencari speedboat yang hilang sejak Selasa (28/12/2021).

Speedboat berpenumpang tujuh orang itu dilaporkan hilang dalam perjalanan dari Kabupaten Asmat menuju Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Tujug orang dalam speedboat itu yakni Koko Yudi (40), Mely (22), April (25), Ilham (38) dan Yeyen (25). Dua penumpang lainnya belum diketahui identitasnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang mengatakan, sejak ada laporan speedboat hilang kontak pada Kamis (30/12/2021) pagi, pihaknya langsung mengerahkan tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian. Tim SAR gabungan yang terdiri dari SAR Timika, Pos TNI AL, Polairud dan keluarga korban itu dibagi menjadi tiga tim.

"Tim SAR gabungan yang terdiri dari pihak SAR Timika, Pos TNI AL, Polairud bersama keluarga korban melakukan pencarian dengan dibagi menjadi tiga regu," kata kata George dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Dua tim diterjunkan dengan menggunakan perahu karet 25 PK. Mereka akan menyisir jalur yang dimungkinkan dilalui oleh speedboat itu.

"Pencarian dua regu pertama menggunakan perahu karet 25 PK. Regu ini melakukan penyisiran kali-kali rute dalam yang dicurigai dilewati speedboat tersebut," imbuhnya.

Sedangkan satu regu lainya menggunakan RIB 400 PK untuk melakukan pencarian dengan menyisir perairan terluar untuk mengantisipasi korban telah hanyut terbawa arus surut laut.

Sampai saat ini, ketiga tim itu masih bekerja di lapangan.

"Sampai saat ini tim SAR gabungan masih melakukan upaya pencarian," kata George.

Hilang sejak dua hari lalu

Speedboat berpenumpang tujuh orang itu dilaporkan hilang kontak pada Kamis (30/12/2021) pukul 07.35 WIT.

Hilangnya speedboat bermesin 85 PK itu dilaporkan oleh Raymond yang merupakan keluarga dari penumpang speedboat.


Dalam laporannya kepada pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Raymond menyebutkan bahwa speedboat tersebut bertolak dari Asmat pada Selasa (28/12/2021) pukul 07.45 WIT. Namun, hingga Kamis pagi speedboat tak kunjung tiba di Timika.

Pihak keluarga secara mandiri sudah berupaya melakukan pencarian sejak Rabu (29/12/2021). Namun, speedboat itu tidak kunjung ditemukan.

Sumber: Kompas.com (Penulis : Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra | Editor Andi Hartik)

https://regional.kompas.com/read/2021/12/30/130112478/cari-speedboat-yang-hilang-di-perairan-asmat-timika-sar-gabungan-terjunkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke