Salin Artikel

Jokowi Sebut Bendungan Pidekso Jadi Kunci Ketahanan Pangan, Ini Respons Bupati Wonogiri

WONOGIRI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Wonogiri akan menyiapkan pelatihan dan transfer teknologi pertanian secara besar setelah Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Pidekso, Selasa (28/2/2021).

Kebijakan itu dilakukan untuk memberikan bekal bagi petani yang mendapatkan fasilitas pengairan dari Bendungan Pidekso.

Terlebih bendungan yang baru diresmikan Presiden Jokowi itu mampu mengairi 1500 hektar sawah.

"Kalau potensi 1.500 hektar itu terkelola baik, maka itulah proses menuju ketahanan pangan. Untuk itu ke depan kami siapkan konsolidasi besar-besaran dengan mempersiapkam diri dengan pelatihan-pelatihan dan transfer teknologi pertanian dengan pola tanam baru," ujar Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada Kompas.com disela-sela peresmian Waduk Pidekso, Selasa (28/12/2021) sore.

Jekek, sapaan akrabnya, mengaku sempat berdiskusi lama dengan Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo terkait rencana Pemkab Wonogiri mengoptimalkan hadirnya Bendungan Pidekso.

Terlebih bendungan itu memiliki banyak manfaat untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Wonogiri.

Tak hanya itu, potensi bendungan yang dapat mengairi 1.500 hektar sawah ini dapat mewujudkan Kabupaten Wonogiri menuju daerah ketahanan pangan.

"Kalau potensi 1.500 hektar itu terkelola baik maka itulah proses menuju ketahanan pangan. Jadi apa yang disampaikan presiden lebih melihat potensi dengan diresmikannya waduk ini," ujar Jekek.

Bagi Jekek, transfer teknologi pertanian dan pelatihan menjadi satu langkah awal untuk bisa merespons apa yang disampaikan presiden.

Jekek menuturkan, Presiden Jokowi respek terhadap upaya Pemkab Wonogiri mengembangkan seluruh potensi pertanian dan pariwisata.

Untuk itu diperlukan sinergisitas antara pemerintah pusat, Pemprov Jateng dan Pemkab Wonogiri.

"Caranya manajerial tata kelola anggaran yang baik berbasis program. Dan Bapak Presiden siap mengawal mensinergikan potensi-potensi yang ada," demikian Jekek.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/28/202023678/jokowi-sebut-bendungan-pidekso-jadi-kunci-ketahanan-pangan-ini-respons

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke