Salin Artikel

4 Bulan Usai Penyerangan Posramil Kisor, Ratusan Pengungsi di Maybrat Kembali ke Rumah

Komandan Kodim 1809/Maybrat Letkol Inf Harry Ismail mengatakan, 120 orang yang dipulangkan ini terdiri dari bapak, ibu, dan anak-anak yang dijemput di tempat pengungsian menggunakan mobil.

"Dibawa pulang ke kampung mereka untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama di kampung halaman," ujar Harry saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Kepulangan para pengungsi, kata dia, merupakan perintah Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa yang terus menghimbau agar warga kembali ke kampung halaman untuk merayakan Natal dan Tahun Baru.

Pihaknya juga telah menjamin keamanan dan stabilitas di wilayah Aifat, khususnya wilayah Kisor, pasca-penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

"Bapak Pangdam juga menyampaikan berulang, pasukan TNI ada di sana untuk menjamin keamanan di Kisor. Jadi bukan untuk menakuti warga seperti yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang menebarkan hoaks bahwaTNI di sana untuk menakuti warga," katanya. 

Sebelumnya, ratusan pengungsi juga telah kembali ke Kisor pada 23-24 Desember lalu dengan fasilitas transportasi dari pihak TNI. 

Saat pelepasan pengungsi itu, kata dia, turut disaksikan oleh pendeta dan Pemerintah Kabupaten Maybrat.

Menurutnya, prajurit TNI juga turut membantu membersihkan rumah warga yang sudah ditinggal empat bulan pasca-penyerangan KKB di Posramil Kisor. 

"Saya mengapresiasi warga yang berkeinginan untuk kembali. Saya berterima kasih, dengan begitu menunjukan apa yang diembuskan bahwa tentara yang menjaga warga untuk menakuti itu tidak benar," tuturnya. 

Harry berharap, warga Aifat Timur yang masih mengungsi akan mengikuti warga Kisor untuk kembali ke kampung halamannya.

Ratusan warga diketahui mengungsi usai penyerangan Posramil Kisor pada September lalu. 

Dalam insiden tersebut, empat prajurit TNI gugur hingga tenaga kesehatan turut menjadi korban. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/28/152818578/4-bulan-usai-penyerangan-posramil-kisor-ratusan-pengungsi-di-maybrat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke