Salin Artikel

Risma Minta Pencairan Bansos Dipercepat, Ini Langkah yang Diambil Wali Kota Surabaya

Bantuan tersebut akan disalurkan di lapangan GOR Pancasila, mulai Selasa (28/12/2021) hingga Rabu (29/12/2021).

Hal itu dilakukan sesuai instruksi Menteri Sosial Tri Rismaharini yang meminta agar bantuan sosial bisa tuntas dalam waktu dua hari ke depan.

"Akhir tahun memang semua harus terealisasi. Maka saya minta Pak Wali (Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi) menyiapkan tempat (penyaluran bansos) untuk semuanya, agar bisa selesai dalam waktu dua hari ke depan. Dan hal ini biasa ketika saya memohon kepada kepala daerah," kata Mensos Risma, usai melakukan peninjauan penyaluran bantuan di Kelurahan Pakis, Surabaya, Senin (27/12/2021). 

Risma mengatakan, pencairan bantuan pemerintah seharusnya dipermudah. Warga juga harus dipermudah mendapatkan kartu keluarga sejahtera (KKS).

"Karena waktu juga sudah tidak ada, kalau orang tidak mampu membutuhkan biaya transportasi dan itu juga berat bagi mereka. Jadi saya minta, langsung transaksi manual," tegas dia. 

Oleh karena itu, warga yang belum menerima KKS tetapi datanya tersinkronisasi dengan data Kementerian Sosial, Risma meminta bank tetap mencairkan bantuan.

Kementerian Sosial telah menertibkan data, hasilnya banyak usulan baru yang belum memiliki KKS.

Langkah Wali Kota Surabaya

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berjanji bergerak cepat memfasilitasi warga yang mendapatkan bansos dari Kemensos.

"Ibu Risma sudah sangat perhatian ke warga kurang mampu di Surabaya, maka Pemkot juga bergerak cepat memfasilitasi warga agar mudah mendapatkan bantuan, tanpa ribet sesuai arahan Ibu Risma," ujar Eri.

Sejumlah langkah langsung diambil Eri Cahyadi untuk memfasilitasi penyaluran bansos tersebut.

Pertama, menyediakan tempat penyaluran bantuan secara terpusat agar proses pencairan terintegrasi. Jika ada masalah, bisa langsung dicari solusinya.

"Bu Menteri sudah memberikan untuk warga Surabaya. Besok (pembagian bantuan) akan saya letakkan di Gelora Pancasila, sehingga yang disampaikan Bu Menteri tadi bisa bermanfaat untuk umat itu bisa langsung terasa, maksimal hari Rabu (29/12/2021) harus sudah tersalurkan semua," ujar Eri.

Langkah kedua, lanjut Eri, memfasilitasi transportasi warga penerima bantuan dari kelurahan masing-masing menuju tempat penyaluran bantuan.

"Saya sudah instruksikan camat dan lurah, harus fasilitasi warga yang datang ke Gelora Pancasila, memakai mobil atau bus," ucap dia.

Langkah ketiga yang diambil Eri adalah memfasilitasi semua proses sinkronisasi data penerima bantuan.

"Data pemerintah kota saya minta ke tim untuk disinkronkan. Pemkot bergerak sekuat tenaga agar proses verifikasi berjalan cepat. Misal Himbara butuh bantuan untuk segera validasi, Pemkot siap support penuh," ujar Eri.

Sementara itu, di Kelurahan Pakis, Eri Cahyadi tampak turun langsung membantu mempercepat pengelolaan data. Dia menginstruksikan agar masalah data cepat dituntaskan. Eri juga tampak meminta arahan dari Mensos Risma.

"Itu lho pak, datanya dilihat, itu langsung disambungkan," ujar Eri kepada petugas Pemkot Surabaya.

Eri juga menelepon sejumlah camat untuk segera menyiapkan fasilitas transportasi yang memudahkan warga mengambil bantuan di tempat yang telah ditentukan.

"Itu ada jamnya, nanti diatur biar tidak menumpuk, besok di Gelora Pancasila," tutur dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/27/204227078/risma-minta-pencairan-bansos-dipercepat-ini-langkah-yang-diambil-wali-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke