Salin Artikel

Kebun Binatang Surabaya Ungkap Penyebab Kematian Dumbo, Ternyata karena Virus

Pihak pengelola KBS langsung dihadirkan agar titik terang terkait kejelasan kematian gajah berusia 2,5 itu bisa secepatnya diketahui.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Anas Karno menilai, KBS kurang terbuka soal peristiwa kematian satwa gajah tersebut.

Ia meminta pengelola KBS menyampaikan kejadian sebenarnya kepada publik.

"Perkara teknis (hasil) lab dan lain-lain itu menyusul. (Keterbukaan) agar KBS tidak terkesan tertutup dan indikasi lainnya, itu yang harus betul-betul disampaikan pimpinan KBS," kata Anas saat dikonfirmasi, Senin (27/12/2021).

Anas menegaskan, keterbukaan pihak KBS bisa mencegah kesimpangsiuran informasi maupun kemunculan berita yang memojokkan jajaran direksi.

"Itu (kebenaran informasi) yang harus betul-betul disampaikan pimpinan KBS," ucap dia.

Apalagi, Anas mengetahui ada dua satwa orang utan yang mati di KBS beberapa waktu lalu. Namun, hal itu tak diketahui publik.

"Dua satwa yang lain bulan November adalah orang utan. Saya tanya orang utan mati apa tidak? Dia bilang mati," tutur dia.

Politisi PDI Perjuangan itu kembali menekankan pihak KBS harus terbuka dalam penyampaian informasi kondisi satwa.

Sementara itu, Dirut PDTS Kebun Binatang Surabaya (KBS) Chairul Anwar menyebut, anak gajah Dumbo mati terserang elephant herpesvirus.


Menurutnya, kematian satwa gajah itu tidak ada kaitannya dengan pola pemberian makan.

"Hasil dari lab sudah jelas penyebabnya adalah virus, tidak ada hal-hal yang sifatnya keteledoran, (penanganan) kita sesuai SOP. Pelaporannya sudah dilakukan audit oleh BKSD dan hasilnya sesuai standar," ucap Chairul.

Untuk diketahui, Dumbo gajah Sumatera berjenis kelamin jantan itu dilahirkan Senin (22/7/2019). Dumbo lahir secara normal dengan berat badan 122 kilogram, tinggi badan 88 centimeter, dan lingkar dada 118 centimeter.

Kabar mengenai kematian Dumbo pertama kali muncul pada Jumat (17/12/2021). Gajah itu mati saat berusia tiga tahun.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Agus Supangkat membenarkan kabar tersebut. Ia enggan menjelaskan secara rinci perihal kematian Dumbo.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/27/194852678/kebun-binatang-surabaya-ungkap-penyebab-kematian-dumbo-ternyata-karena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke