Salin Artikel

Jalur Wisata di Teluk Lampung Putus, Pemkab Buat Jembatan Darurat dari Batang Pohon Kelapa

Jembatan di Jalan Way Ratai tersebut adalah jalan utama menuju sejumlah lokasi wisata pantai di pesisir Teluk Lampung, Pesawaran.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, pembangunan jembatan dari batang pohon kelapa adalah langkah darurat agar arus lalu lintas tidak putus sepenuhnya.

"Untuk saat ini kan kondisi jembatan tidak bisa dilalui sama sekali, baik kendaraan roda dua maupun roda empat, maka dari itu kita mengambil langkah untuk pembangunan jembatan darurat menggunakan batang pohon kelapa," kata Dendi dalam keterangan resmi, Senin (27/12/2021).

Dendi mengatakan, jembatan di jalan yang menghubungkan Jalan Way Ratai - Padang Cermin itu ambrol pada Senin (27/12/2021) sekitar pukul 02.00 WIB.

Diduga arus sungai yang deras karena meluap setelah hujan semalaman menjadi penyebab jembatan tersebut ambrol.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Lampung untuk langkah perbaikan jembatan yang menjadi akses jalan satu-satunya ke kawasan wisata yang ada di pesisir Pesawaran.

"Jalan ini selain menuju markas Brigif 4 Marinir, juga jalan utama ke beberapa lokasi wisata pantai, seperti Klara Rapat dan Pulau Pawahang," kata Dendi.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Pesawaran agar lebih meningkatkan kewaspadaan mengingat saat ini masih masuk musim penghujan.

“Kita ketahui Kabupaten Pesawaran menjadi salah satu daerah yang rawan bencana ketika musim penghujan, maka dari itu saya meminta kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kewaspadaan ketika hujan turun,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, jalur wisata di pesisir teluk Lampung terputus setelah jembatan di jalan utama ambrol diduga akibat meluapnya air sungai imbas hujan deras. 

Jembatan di Jalan Way Ratai tersebut menghubungkan Desa Gebang dan Desa Seribu, Kabupaten Pesawaran. Serta merupakan jalur utama menuju sejumlah tempat wisata di pesisir teluk Lampung.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/27/144528578/jalur-wisata-di-teluk-lampung-putus-pemkab-buat-jembatan-darurat-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke