Salin Artikel

Dua Pekerja Hirup Gas Beracun Saat Gali Sumur, 1 Orang Tewas

MAGELANG, KOMPAS.com - Dua orang pekerja menghirup gas beracun saat menggali sumur di Dusun/Desa Bungkusrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (26/12/2021).

Pekerja yang meninggal dunia adalah Sudar (65), sedangkan korban pingsan adalah Jamak (45).

Keduanya warga Dusun Tepus Kulon, Desa Surodadi, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang.

Kasi Humas Polres Magelang, Iptu Muthohir menjelaskan, keduanya sedang menggali sumur baru di rumah kontrakan milik Faizah, warga setempat, sekitar pukul 08.00 WIB.

“Kedua korban dimintai tolong membuat sumur di rumah kontrakan Faizah di Dusun Bungkusrejo dan memulai membuat sumur dengan cara manual,” jelas Muthohir, Minggu (26/12/2021).

Korban Sudar turun terlebih dahulu menggali tanah, namun setelah mencapai kedalaman sekitar 8-10 meter, sumur mengeluarkan bau gas. Sudah sekitar 10 menit Sudar berada di dalam sumur tersebut.

Lalu Jamak yang berada di atas sumur mulai curiga karena korban Sudar hanya diam tidak ada tanda-tanda menggali sumur.

Kemudian Jamak turun ke dalam sumur untuk memeriksa kondisi Korban Sudar. 

“Jamak mendapati korban Sudar sudah tidak sadarkan diri. Jamak berusaha keluar dari sumur dan berteriak meminta tolong," lanjut Muthohir.

Saksi yang mengetahui kejadian itu langsung menghubungi aparat setempat. Petugas gabungan tidak lama kemudian tiba di lokasi untuk mengevakuasi para korban. 

Terpisah, Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menjelaskan, tim rescue dari kantor Unit SAR Siaga Borobudur, bersama tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, mengevakuasi para korban dengan metode lowering.

"Satu rescuer turun untuk evakuasi. Pukul 11.00 WIB, korban Jamak berhasil diangkat ke atas dengan metode lifting dalam keadaan selamat, langsung dibawa ke RS Syubbanul Wathon Tegalrejo," terang Heru.

Selanjutnya, sekitar pukul 11.20 WIB, rescuer juga berhasil mengevakuasi korban Sudar namun sudah dalam kondisi meninggal dunia. Korban dibawa ke RST dr. Soedjono Kota Magelang. 

Pihak kepolisian memastikan kejadian ini murni kecelakaan dan tidak ada tanda-tanda penganiayaan terhadap para korban.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/26/193136278/dua-pekerja-hirup-gas-beracun-saat-gali-sumur-1-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke