Salin Artikel

Ridwan Kamil: Kredit Mesra Berlaku untuk Semua Warga Jabar

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan bahwa Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) berlaku untuk seluruh warga Jabar, termasuk yang berada di sekitar rumah ibadah semua keyakinan.

Warga yang tinggal dan memiliki usaha di sekitar masjid, gereja, pura, wihara, atau kelenteng bisa dengan mudah mengakses Kredit Mesra.

yang bekerja sama dengan Bank Jabar dan Banten (Bank BJB) itu.

Sebagai informasi, Kredit Mesra merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dengan Bank Jabar dan Banten (Bank BJB). Program ini juga menjadi salah satu program unggulan Jabar Juara dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Melalui program tersebut, Bank BJB dapat memberikan modal kerja maksimal Rp 5 juta per kepala keluarga tanpa agunan.

Masyarakat hanya perlu mempersiapkan persyaratan administrasi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat nikah bagi warga yang telah menikah.

Ridwan Kamil menilai, program tersebut relevan dan dibutuhkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Jabar. Dia berharap, melalui stimulus permodalan ini, para penerima manfaat dapat mengembangkan skala usaha mereka.

“Penyaluran dana kredit usaha rakyat (KUR) berupa Kredit Mesra kepada masyarakat merupakan keputusan tepat pada kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang. Pasalnya, urusan pangan merupakan hajat hidup orang banyak,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/12/2021).

Sementara itu, Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi menjelaskan bahwa pihaknya hadir sebagai mitra setia pemerintah dan masyarakat untuk menggarap sektor UMKM.

Menurutnya, masyarakat di sekitar rumah ibadah yang menjadi penerima fasilitas KUR itu merupakan salah satu kelompok masyarakat yang menjadi sasaran prioritas.

“Bank BJB akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah sekaligus memperluas jangkauan Kredit Mesra agar dapat memberikan manfaat yang lebih optimal sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional," jelas Yuddy.

Dia menekankan, Kredit Mesra sengaja dirancang dengan berbagai kemudahan, termasuk tak membutuhkan agunan. Dengan begitu, masyarakat tidak merasa terbebani.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/25/12260601/ridwan-kamil-kredit-mesra-berlaku-untuk-semua-warga-jabar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke