Salin Artikel

Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas di Kota Magelang pada Malam Pergantian Tahun, Ini Lokasinya

Arus lalu lintas akan dialihkan sementara di sejumlah titik, mulai Jumat (31/12/2021) 15.00 WIB sampai Sabtu (1/1/2022) 06.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Ady mengatakan, rekayasa lalu lintas sudah disiapkan di sembilan titik.

Petugas akan berjaga dan memasang rambu serta pemasangan barikade di titik-titik itu.

Kedelapan lokasi tersebut antara lain di simpang PDAM, Jalan Veteran, Simpang Mandala, Simpang Cacaban, Simpang RS Lestari Raharja, Simpang CPM, Simpang Jalan Majapahit, Simpang Jalan Sigaluh, dan Simpang Tugu Nol KM.

"Setiap barikade akan dijaga masing-masing dua personel Dishub, dibantu aparat lain TNI/Polri maupun Satpol PP Kota Magelang," ujar Chandra, Kamis (23/12/2021)

Chandra menjelaskan, sebanyak 36 personel Dishub diterjunkan selama pelaksanaan rekayasa lalu lintas 15 jam ini.

Peralatan lain juga disiapkan seperti 3 barikade, 22 water barrier, dan 31 traffic cone.

"Khusus pada malam pergantian tahun 2022 kami tidak menyediakan kantong parkir. Semua kendaraan dialihkan keluar dari kawasan Alun-alun. Termasuk kawasan parkir juga sebaiknya dikosongkan sebelum jam pembatasan dimulai," jelasnya.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono menuturkan, ada aturan pengecualian bagi para karyawan di kawasan Alun-alun.

Namun dia berharap, para pelaku usaha dapat bekerja sama mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

"Pusat-pusat perbelanjaan boleh beroperasi sampai dengan pukul 22.00 WIB. Namun diharapkan tidak memarkir kendaraan di kawasan Alun-alun selama jam pembatasan berlangsung," ungkapnya.

Dia juga meminta, para pedagang kaki lima (PKL) di seputaran Alun-alun agar menutup usahanya lebih awal, sebagai bentuk dukungan pembatasan yang ditempuh pemerinta.

Selanjutnya, mulai 1 Januari 2022, aktivitas kembali seperti semula sesuai ketentuan PPKM Level 1. 

Selain alun-alun, lanjut Joko, kawasan taman publik dan tempat wisata juga turut ditutup.

Hal ini sebagai respons cepat Pemkot Magelang karena saat ini varian Covid-19 Omicron sudah masuk ke Indonesia sehingga patut diwaspadai.

"Salah satu strategi yang kita terapkan adalah melakukan pembatasan pada saat malam tahun baru dengan menutup Alun-alun, taman, dan tempat wisata. Mengingat berpotensi adanya penyebaran Covid-19 apabila terjadi kerumunan," ujar Joko. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/23/194225978/ada-pengalihan-arus-lalu-lintas-di-kota-magelang-pada-malam-pergantian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke