Salin Artikel

Libur Natal dan Tahun Baru, Dipastikan Tidak Ada Penyekatan di Bandung

BANDUNG, KOMPAS.com- Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pada malam Natal hingga Tahun Baru dipastikan tidak akan ada penyekatan kendaraan atau pergerakan masyarakat di wilayah Kota Bandung.

Meski demikian, Ema menambahkan bahwa Pemerintah Kota Bandung mengeluarkan imbauan agar perayaan Natal dan Tahun Baru dilakukan di rumah.

"Kita menyesuaikan, penyekatan dari awal juga bukan substansi yang dibahas. Artinya, kegiatan itu biasa tetapi ada beberapa hal yang memang untuk tidak dilakukan misalnya perayaan, imbauannya dilakukan secara sederhana kalau bisa di rumah," kata Ema di Balai Kota Bandung, Selasa (21/12/2021).

Ema menjelaskan, Kota Bandung terbuka untuk wisatawan. Selain itu, tidak ada cek poin untuk menghalau pergerakan masyarakat.

Kendati demikian, Ema memastikan petugas gabungan akan terus melakukan pengawasan dan pengendalian pergerakan masyarakat pada saat malam Natal hingga Tahun Baru agar penyebaran Covid-19 tidak melonjak.

"Jangan sampai ada yang euforia, karena ancaman Covid-19 masih tetap ada. Untuk pengendalian itu menjadi sebuah keniscayaan. Yang namanya pengawasan dari petugas itu pasti ada di lapangan. Ada kepolisian, Dishub, Satpol PP  gabungan pasti ada," jelasnya.

Ditanya kemungkinan adanya lonjakan keramaian pada saat libur Natal dan Tahun Baru, Ema memastikan lagi jika Pemerintah Kota Bandung hanya bisa sebatas mengimbau agar masyarakat tidak berkerumun dan membuat lancar arus lalu lintas.

Menurut Ema, ketika pemerintah pusat membuat kebijakan untuk membebaskan pergerakan masyarakat pada malam Natal hingga Tahun Baru dengan tidak membatasi arus kendaraan menuju Kota Bandung dan daerah lainnya, maka kebijakan tersebut harus sejalan.

"Kalau dari atasnya tidak boleh ada penyekatan ya, bagaimana. Kan kita tidak bisa membuat kebijakan yang kontra produktif, harus sejalan kebijakannya," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/21/213529778/libur-natal-dan-tahun-baru-dipastikan-tidak-ada-penyekatan-di-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke