Salin Artikel

Cerita Penjual Jaket yang Dibeli Jokowi Saat Resmikan Bandara Ngloram Blora (I)

Kristin, sapaan akrabnya, masih ingat betul saat Jokowi membeli jaket bermotif garuda khas Blora hasil karyanya.

Saat ditemui Kompas.com, pemilik Snap Custom Wear tersebut menceritakan kisahnya saat ditemui orang nomor satu di Indonesia.

Kristin mengatakan beberapa hari jelang peresmian bandara, pemilik usaha mikro kecil dan menengah yang ada di Blora dikumpulkan. 

Mereka kemudian diminta menyediakan produk unggulannya untuk dijual dalam satu gerai di Bandara Ngloram.

"Cuma pas malam sebelum (peresmian), Pak Ganjar Pranowo datang dan Pak Ganjar bilang 'kayaknya lebih bagus kalau dikasihnya enggak kain-kain deh, ada yang barang jadinya'. Nah karena saya punya banyak barang jadi, jadi hari itu saya taruh barang jadi saya di gerai tersebut," ucap Kristin di tokonya, Selasa (21/12/2021).

Namun, untuk memastikan jaket tersebut dilirik Jokowi, Kristin mengaku perlu melakukan riset terlebih dahulu.

"Saya berusaha bikin yang style-nya beliau banget, terus saya mulai browsing dan lihat style-nya seperti apa, terus coba buat bikin, nah terus saya gantung. Nah ternyata waktu beliau datang beliau lihat diambil dan ya Puji Tuhan beliaunya suka," kata Kristin.

"Sejujurnya awalnya saya bikin itu yang ada gambar wajahnya beliau, tapi lalu saya pikir-pikir dan juga Pak bupati bilang 'kayaknya orang juga enggak senarsis itu juga pakai jaket dengan wajahnya sendiri, kayak enggak seru ya', saya pikir-pikir benar juga kayaknya saya juga enggak mau pakai muka saya sendiri," terang dia.

Dengan waktu yang singkat, Kristin kemudian berusaha semaksimal mungkin untuk membuat jaket yang layak dipamerkan kepada Jokowi.

"Jam 9 malam setelah saya prepare saya bikin sampai jam 3 subuh, jadi cuma ada satu itu sebenarnya. Terus saya bikin yang sesuai sama beliau dan ternyata beliau suka, jadi itu bikinnya dari 9 malam sampai jam 3 subuh," jelas dia.

Untuk motif dan coraknya, Kristin terinspirasi dari burung Garuda dan potensi khas yang dimiliki oleh Kabupaten Blora.

"Kalau corak karena saya selama ini banyak banget bikin jaket sport yang temanya Indonesia dan Garuda, jadi saya pikir bagus juga kalau temanya itu kayak Garuda dan blora. Jadi saya ngambil tema penari tayub, daun jati terus serat pohon jati yang meranggas," ujar dia.

Kristin juga masih ingat jelas pesan-pesan yang disampaikan oleh Joko Widodo saat menyambangi gerainya di Bandara Ngloram.

"Kemarin yang saya ingat banget itu adalah 'pulang kampung itu bagus, pulang kampung itu keren, buat membangun kotamu itu keren'. Selama ini saya pikir cuma saya yang merasa seperti itu, tapi ternyata seorang Bapak Jokowi dan Ibu Iriana pun mengatakan hal yang sama. Jadi ayo deh yang di luar negeri pada pulang hehehe kita bangun Indonesia. Itu dalam sih menurut saya," terang dia.

Kristin juga mengaku secara spontan menyebut nominal Rp 350.000 untuk jaket yang dibeli Jokowi saat mampir ke gerainya.

"Karena saya bikin waktu itu bukan untuk dijual, jadi kualitas ini semuanya gaspoll karena untuk dikasih, waktu bapak Jokowi datang dia tanya saya enggak prepare dong ditanyain harganya berapa, nervous berat kan saya, sehingga secara spontan bilang Rp 350.000, sampai Pak Jokowi lihat 'yang bener nih', ketika saya hitung iya sih memang enggak segitu," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/21/160437978/cerita-penjual-jaket-yang-dibeli-jokowi-saat-resmikan-bandara-ngloram-blora

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke