Salin Artikel

Pengungsi Letusan Gunung Semeru di Jember Capai 222 Jiwa, Tersebar di 8 Kecamatan

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, tercatat ada 222 orang atau 66 Kepala Keluarga (KK).

“Untuk pengungsi Semeru yang ada di Jember selalu bertambah, karena di sana mereka sudah merasa tidak bisa kembali lagi ke rumahnya,” kata Plt Kepala BPBD Jember Sigit Akbari pada Kompas.com via telepon, Senin (20/12/2021).

Tersebar di 8 kecamatan

Menurut dia, mereka mengungsi ke rumah saudaranya yang ada di delapan kecamatan di Jember.

Mulai dari Kecamatan Puger, Gumukmas, Kencong, Jombang Semboro, Tanggul, Sumberbaru, Ambulu dan Mumbulsari.

Alasannya, mereka sudah terlalu lama tinggal di posko pengungsiaan.

Selain itu, para pengungsi ingin mencari tempat yang lebih aman karena masih khawatir dengan ancaman letusan Gunung Semeru.

“222 jiwa itu mulai dari Balita sampai Lansia,” ucap Sigit.

Jadi perhatian pemerintah

Sigit menambahkan, para pengungsi tersebut menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Jember.

Sebab mereka jauh dari tempat asalnya. “Yang jelas, mereka sangat terdampak dan tidak akan mendapatkan bantuan yang melimpah seperti di Lumajang” tambah dia.

Bahkan dirinya khawatir para pengungsi itu tidak terdata untuk direlokasi mendapatkan bantuan rumah dan bantuan sehari-hari selama masa menunggu.


Oleh karena itu, pihak BPBD Jember bertanggung jawab untuk mendata dan mengkomunikasikan kondisi pengungsi ke Pemkab Lumajang.

“Agar mereka tidak dianggap orang yang hilang. Tetapi ada data untuk ditindaklanjuti untuk diusulkan sampai proses mendapatkan hak mereka,” papar dia.

Sigit menyarankan agar warga Jember yang hendak memberikan bantuan pada korban bencana tidak perlu jauh-jauh ke Lumajang.

Sebab, ada 222 orang korban bencana yang tinggal di Jember.

“Saran saya bagi warga Jember tidak usah jauh jauh ke lumajang, tapi 222 orang ini sangat membutuhkan bantuan sembako,” jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/20/124739178/pengungsi-letusan-gunung-semeru-di-jember-capai-222-jiwa-tersebar-di-8

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke