Salin Artikel

Acara Bupati Cup Berhadiah Rp 95.000, Bupati Pandeglang: Kami Tak Tahu

Dirinya mengklaim baru mengetahui saat kabar tersebut viral di media sosial.

Telusuri

Irna mengatakan, usai heboh pemberitaan hadiah Rp 95.000, dirinya langsung menerjunkan tim untuk menelusuri kebenaran penyelenggaraan kegiatan olahraga tersebut.

Dari hasil penelusuran, kata Irna, ternyata acara dilaksanakan tanpa sepengetahuan kepala daerah.

"Kami tidak tahu ada event olahraga Bupati Cup yang diselenggarakan Dispora," kata dia melalui keterangan tertulis, Minggu (19/12/2021).

Bahkan, kata bupati, dirinya telah mewanti-wanti agar acara yang berpotensi mengundang kerumunan tak digelar selama PPKM Level III.

"Sejak awal kami sudah sampaikan kepada seluruh OPD, lembaga, dan masyarakat agar tidak melaksanakan kegiatan yang mengundang kerumunan massa karena status Pandeglang masih PPKM Level III," kata Irna.

Dinilai janggal

Selain tidak ada pemberitahuan, dari temuan tim, penyelenggaraan kegiatan Bupati Cup juga dinilai janggal.

Sebab, kegiatan itu memberlakukan biaya pendaftaran kepada peserta. Padahal pendanaan agenda olahraga pelajar ini merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.

Karena dikaitkan dengan pemerintahan, Irna mengatakan akan memberikan hadiah tambahan untuk para atlet pemenang yang terlibat dalam Bupati Cup.

"Ibu bertanggung jawab dan akan memberikan hadiah tambahan kepada para pemenang sesuai kelayakan di olahraga amatir," kata Irna.

Hadiah tersebut akan diserahkan oleh Senin (20/12/2021) di Sekretariat Daerah (Setda Pandeglang).

Selain Bupati, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pandeglang, juga mengaku tidak mendapat informasi terkait penyelanggaraan Bupati Cup.

"Saya cek ke kesekretariatan KONI, memang tidak ada surat pemberitahuan atau undangan event Bupati Cup. Idealnya penyelenggara bersurat karena bagaimanapun pengcab olahraga ada dibawah KONI,” kata Ketua Harian KONI Pandeglang, Fery Hasanudin.

Sebelumnya diberitakan, foto hadiah Bupati Cup untuk ajang pertandingan olahraga di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten senilai Rp 95.000, viral di media sosial.

Beredar foto tiga amplop bertulisan 'Juara Panjat Tebing Bupati Cup Tahun 2021' melalui pesan WhatsApp. Tertera juga logo Pemerintah Kabupaten Pandeglang dalam amplop tersebut.

Sementara di sisi masing-masing amplop dalam foto itu, berjejer beberapa lembar uang.

Saat dihitung jumlahnya Rp165.000 untuk amplop bertulisan Juara II, dan Rp 95.000 untuk dua amplop bertulisan Juara III.

Kasi Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pandeglang, Ahmad Jubaedi, membenarkan foto yang beredar adalah hadiah untuk Bupati Cup.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/19/164732878/acara-bupati-cup-berhadiah-rp-95000-bupati-pandeglang-kami-tak-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke