Salin Artikel

Sekolah di Sikka Ambruk Diterjang Hujan dan Angin Kencang, Siswa Belajar di Rumah Warga

Akibatnya siswa sekolah tersebut harus pindah belajar ke rumah warga. 

Bangunan sekolah yang terbuat dari bambu itu ambruk hingga rata dengan tanah. Selain karena hujan dan angin kencang, bangunan darurat itu ambruk karena lapuk termakan usia.

Adapun siswa yang belajar di rumah warga adalah mereka yang duduk di bangku kelas 1 dan kelas 2 menggunakan alat kelengkapan sekolah seadanya.

Para siswa mengikuti proses belajar mengajar dengan duduk di lantai, tanpa meja dan kursi layaknya aktivitas belajar di sekolah. 

Agustina Onci, warga setempat, mengatakan, bangunan sekolah tersebut ambruk diterjang hujan disertai angin kencang dua hari yang lalu.

"Sekolah ini ambruk diterpa angin kencang belum lama ini. Saat ini, proses KBM bahkan bahkan ujian semester dilaksanakan di rumah warga. Sedih juga melihat mereka kehilangan tempat belajar," kata Agustina, kepada awak media, Sabtu (18/12/2021) pagi.

Bangunan yang ambruk itu, lanjut dia, sebelumnya dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat beberapa tahun lalu. Namun hingga kini belum ada perhatian serius dari pemerintah.

"Kami berharap pemerintah segera bangun gedung permanen di sekolah ini. Kita khawatir anak-anak putus sekolah karena kondisi bangunan tidak mendukung," ungkapnya.

Hibah warga

Yoseph Nong Manis, selaku tokoh masyarakat Bora Blupur mengakui, dirinya menghibahkan tanah seluas 80 × 120 meter persegi untuk membangun sekolah di Borablupur pada 2018 lalu.

Pada tahun 2019, masyarakat pun kompak membangun dua bangunan darurat untuk aktivitas belajar mengajar.

"Saya kasihan anak-anak kami jalan kaki ke sekolah sejauh 10 kilometer. Pulang pergi setiap hari, sehingga saya hibahkan tanah ini. Harapannya Pemda bisa buka mata dengan kondisi sekarang ini," kata Yoseph.

Yuliana Nona, siswa kelas 2, mengaku, dirinya dan kawan-kawan terpaksa belajar di rumah warga lantaran bangunan sekolah sudah ambruk.

Meski begitu, dirinya tetap bersemangat belajar demi masa depan.

Ia pun meminta Presiden Republik Indonesia, Gubernur NTT, dan Bupati Sikka segera memperbaiki bangunan sekolah tersebut. 

Yuliana dan kawan-kawan mengaku ingin belajar di tempat aman dan nyaman seperti anak-anak sekolah lainnya.

"Bapak Presiden Jokowi, tolong bangun kembali sekolah ini yang telah rusak agar kami bisa belajar dengan aman," imbuh Yuliana.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/18/133800578/sekolah-di-sikka-ambruk-diterjang-hujan-dan-angin-kencang-siswa-belajar-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke