Salin Artikel

Cegah Kerumunan Saat Libur Nataru, Ganjil Genap Diperluas di Kawasan Puncak Bogor

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Menyambut libur Natal 2021 dan tahun baru (Nataru) 2022, kawasan wisata Puncak Bogor akan diperketat dari segala bentuk kerumunan masyarakat atau wisatawan.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan pengamanan dengan cara membatasi mobilisasi warga yang berwisata di Puncak Bogor.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penularan varian baru Covid-19 pada momen libur akhir tahun ini.

Karena itu, kata Ade, pemerintah bekerja sama dengan kepolisian untuk memperluas kebijakan ganjil genap pada Nataru di wilayah Puncak Raya.

"Penyekatan ganjil genap ini disiapkan di 25 check point atau posko pemeriksaan, yang tersebar di 5 wilayah. Di Kabupaten Bogor ada 10 titik, Kota Bogor ada 6, di Sukabumi ada 3, di Sukabumi Kota ada 2, dan di Cianjur ada 4," ungkap Ade melalui keterangan tertulisnya, Kamis (16/12/2021).

Ade menyebutkan, posko tersebut juga sekaligus dijadikan tempat pemeriksaan sertifikat vaksin Covid-19 bagi para pelaku perjalanan.

Sementara terkait aturan ganjil genap masih sama dengan sebelumnya, yakni kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya yang berpelat nomor ganjil atau genap mengikuti tanggal pada kalendar.

Namun, terdapat sedikit perubahan dalam pengawasan, yaitu petugas juga akan memeriksa sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

Pengendara yang tidak taat pada aturan-aturan tersebut akan diminta putar balik oleh petugas.

Ade mengungkapkan, saat ini beberapa hotel besar klasifikasi bintang sudah penuh sesuai kapasitas maksimal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, yaitu 50 persen.

Begitu pun hotel-hotel lainnya, sudah ada pemesanan walaupun persentasenya belum terlalu signifikan.

"Lumayan sudah ada kenaikan dibanding tahun lalu. Jadi semua tempat wisata, hotel, resto mulai harus dipasang sistem PeduliLindungi. Karena itu, pada prinsipnya (aturan ganjil genap) ini demi mengurangi beban kerumunan di kawasan Puncak dan memastikan setiap orang yang bepergian di saat libur Nataru itu sudah divaksin," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/17/054950978/cegah-kerumunan-saat-libur-nataru-ganjil-genap-diperluas-di-kawasan-puncak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke