Salin Artikel

Ada Temuan Probable Omicron, Warga Manado Diminta Penuhi Dosis Vaksin Covid-19

Imbauan ini sebagai bentuk kewaspadaan terhadap varian baru Covid-19 seperti omicron.

Apalagi, saat ini Rumah Sakit Lapangan Darurat Covid-19 Kitaway milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Manado, mengisolasi sebanyak tiga pasien probable varian omicron.

"Segera vaksinasi lengkap dari usia 6 tahun ke atas untuk perlindungan seluruh masyarakat," katanya Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Daerah Sulut Mery Pasorong, Kamis (16/12/2021).

Selain itu, Mery juga mengajak masyarakat untuk tetap taat menerapkan prokes 5M.

"Itu tetap menjadi hal wajib bagi semua walaupun sudah vaksinasi lengkap, karena pandemi Covid-19 belum selesai," imbaunya.

Sebelumnya diberitakan, ada tiga pasien probable varian omicron yang saat ini dikarantina di Manado.

Ketiga orang itu merupakan warga negara (WN) China yang datang ke Manado lewat Bandara Internasional Sam Ratulangi.

Di mana, sampel tiga orang ini sudah dikirim Satgas Penanganan Covid-19 Sulut ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan di Jakarta.

"Jadi, sampel-sampel yang terindikasi ini dikirim lagi ke Litbangkes dan kita akan melaksanakan whole genome sequencing-nya di sana," kata Bagian Kehumasan Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, Steaven Dandel, dalam keterangan pers, Kamis (16/12/2021).


Steaven menjelaskan, tiga kasus ini terdeteksi awal dari reagen yang didatangkan Kementerian Kesehatan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Manado.

Reagen ini kemudian bisa mendeteksi gen S pada virus Sars-CoV-2 yang bisa mengindikasikan sampel dari orang yang positif tersebut probabilitasnya kepada omicron.

"Tetapi, digarisbawahi bahwa gen S itu bisa terdapat pada varian yang lain, sehingga untuk standar emasnya itu tetap harus melakukan pemeriksaan yang kita sebut dengan proses whole genome sequencing," jelasnya.

Steaven yang juga Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut menambahkan, setelah itu akan diurai komponen genetiknya dan dibandingkan dengan database.

"Yang nanti akan memastikan apakah benar yang tiga kasus terdeteksi reagen khusus di BTKL itu betul dia varian omicron atau tidak," ujarnya.

"Jadi sampai sekarang statusnya itu (tiga kasus) disebut probable. Standar emasnya untuk menentukan bahwa dia benar Omicron tetap melalui pemeriksaan whole genome sequencing," tambah Steaven.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/16/220458178/ada-temuan-probable-omicron-warga-manado-diminta-penuhi-dosis-vaksin-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke