Salin Artikel

Varian Omicron Masuk Indonesia, Tak Ada Kebijakan Baru di RSUCM Aceh Utara

Hal itu ditegaskan Kepala Bagian Tata Usaha dan Hubungan Masyarakat, RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (16/12/2021).

Menurutnya, rumah sakit plat merah dan rujukan regional untuk penanganan Covid-19 di Aceh itu akan memberlakukan protokol kesehatan yang sama dengan varian Covid-19 sebelumnya.

“Jadi tidak ada kebijakan baru buat varian omicron. Sama saja dengan varian Covid-19 sebelumnya. Kita tidak keluarkan aturan baru untuk layanan di rumah sakit,” kata Jalaluddin.

Meski varian omicron disebut paling cepat menular, Jala menyebutkan protokol kesehatan yang diberlakukan tetap sama dengan tahun sebelumnya.

“Pasien mengenakan masker, dan tenaga medis seluruhnya, baik dokter dan perawat mengenakan alat pelindung diri,” terangnya.

Sejauh ini, sambung Jalaluddin, tidak ada pasien Covid-19 dengan varian Omicron di RSUCM. Bahkan sudah dua bulan terakhir, rumah sakit itu kosong pasien Covid-19.

“Unit Gawat Darurat (UGD), gedung pinere dan gedung ICU kita tetap siaga. Mereka bertugas setiap hari walau tidak ada pasien. Itu bentuk kesiagaan kita,” katanya.

Hal senada disebutkan Kepala Bidang Layanan Kesehatan, Dinas Kesehatan, Aceh Utara, Ferianto.

“Belum ada kebijakan baru buat Puskesmas atau pun masyarakat umum untuk varian omricon di Aceh Utara,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Kementerian Kesehatan RI menyatakan varian omicron sudah ditemukan pada pasien Covid-19 di Indonesia. Masyarakat dan tenaga medis diminta untuk meningkatkan protokol kesehatan untuk menghadapi varian omicron tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/16/132106978/varian-omicron-masuk-indonesia-tak-ada-kebijakan-baru-di-rsucm-aceh-utara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke