Salin Artikel

Cegah Penularan Covid-19 di Pesantren, Gubernur Riau Minta Santri Tak Bertemu Orangtua Dulu

PEKANBARU, KOMPAS.com - Gubernur Riau Syamsuar mengingatkan kepada pengelola pondok pesantren di Provinsi Riau agar tamu dari luar tidak masuk ke asrama dan bertemu langsung dengan para santri.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada pengelola pondok pesantren agar tidak mengizinkan orangtua untuk mengunjungi anaknya di asrama dan bertatap muka secara langsung.

Hal ini dilakukan supaya anak-anak yang berada di asrama tidak terpapar Covid-19 dari orangtuanya, yang setiap hari beraktivitas di luar dan bertemu banyak orang.

"Kalau bisa sementara ini janganlah diberi izin dulu untuk bertemu langsung dengan orangtua di asrama. Biar saja anak-anak di asrama, jangan terima tamu dari luar, karena orang dari luar ini yang terkadang membawa virus, dan menularkan ke santri. Kita tidak mau terjadi klaster Covid-19 di pesantren," kata Syamsuar saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Gontor 7 di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (15/12/2021).

Syamsuar juga berpesan kepada anak-anak pondok untuk tetap disiplin terhadap protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan sering mencuci tangan pakai sabun.

Sehingga, lingkungan pondok pesantren tetap terjaga dan tidak terjadi penyebaran kasus Covid-19.

"Saat ini patut kita syukuri, anak-anak sekarang sudah belajar tatap muka karena sebelumnya belajar daring. Untuk itu vaksinasi itu harus tetap dilaksanakan," ujar Syamsuar.

Ia menyampaikan, pemerintah saat ini telah melakukan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun.

Tujuan vaksinasi tersebut adalah untuk membentuk imunitas atau kekebalan dalam tubuh.

"Setelah disuntik vaksin bukan berarti kebal terhadap Covid-19. Namun jika terkonfirmasi positif Covid-19, kemudian telah divaksinasi, gejalanya hanya ringan karena sudah ada imunitas tubuh," kata Syamsuar.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/15/192052378/cegah-penularan-covid-19-di-pesantren-gubernur-riau-minta-santri-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke