Salin Artikel

Terpengaruh Cuaca, Harga Cabai Rawit di Gresik Naik hingga Rp 90 Ribu Per Kg

GRESIK, KOMPAS.com - Harga komoditas bahan pangan pokok di sejumlah pasar di Kabupaten Gresik mengalami kenaikan menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Salah satu komoditas yang harganya melonjak adalah cabai rawit. Harga cabai rawit hampir mencapai Rp 100.000 per kilogram.

Seperti yang terpantau di Pasar Baru Gresik. Harga cabai rawit di pasar itu sebesar Rp 85.000 hingga Rp 90.000 per kilogram.

"Sudah beberapa hari terakhir ini cabai harganya sudah antara Rp 85.000 sampai Rp 90.000," kata Siti (43), salah satu pedagang di Pasar Baru Gresik, Selasa (14/12/2021).

Kondisi ini membuat para pedagang harus pintar dalam membaca situasi. Apalagi kualitas cabai rawit saat ini tidak sebagus sebelumnya akibat cuaca.

Supaya terhindar dari kerugian, Siti terkadang mengurangi jumlah stok cabai rawit. Dia khawatir barang dagangannya itu tidak laku lantaran kualitasnya yang tidak bagus.

"Tidak berani kulakan (beli) banyak, wong cabainya juga tidak bagus. Musim penghujan, jadi (kualitas) cabainya tidak seberapa bagus," kata Siti.

Siti mengaku, biasanya dia membeli cabai rawit hingga 13 kilogram dari tengkulak untuk stok dagangannya. Namun, beberapa hari terakhir ini dia hanya membeli cabai rawit tidak lebih dari 10 kilogram.

Hafis (30), pedagang lainnya juga mengeluhkan naikknya harga cabai rawit. Meski begitu, Hafis menganggap sudah lumrah terjadi kenaikan harga dan turunnya kualitas cabai rawit saat musim hujan.

"Banyak cabai yang rusak, tapi mau bagaimana lagi. Sudah biasa (terjadi) saat musim penghujan," kata Hafis.

Tidak hanya itu, Hafis menilai kenaikan harga cabai juga dipengaruhi oleh momen menjelang Nataru. Menurutnya, kenaikan harga sejumlah komoditas bahan pangan pokok sudah biasa terjadi jelang Nataru.


Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Gresik, Agus Budiono mengatakan, kenaikan harga cabai itu disebabkan oleh faktor cuaca dan stok yang terbatas.

"Memang ada kenaikan harga cabai, karena pengaruh cuaca, stok terbatas, sehingga mempengaruhi harga pasar," katanya.

Selain cabai rawit, harga beberapa komoditas pahan pangan pokok lainnya yang juga naik jelang Nataru adalah telur ayam dan gula pasir yang mengalami kenaikan sebesar Rp2.000 per kilogram.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/14/205602678/terpengaruh-cuaca-harga-cabai-rawit-di-gresik-naik-hingga-rp-90-ribu-per-kg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke