Salin Artikel

Jenderal Dudung: Prajurit Siap Bantu Relokasi Warga Terdampak Erupsi Semeru, Tinggal Tunggu Komando Bupati

LUMAJANG, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi lokasi terdampak awan panas Gunung Semeru dan posko pengungsian di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin (13/12/2021).

Dudung datang untuk memastikan semua kesiapan para personel TNI Angkatan Darat dalam membantu penanganan bencana tersebut.

Selain itu, Dudung juga memastikan bahwa kondisi para pengungsi dalam keadaan baik dan nyaman di posko pengungsian.

"Kami cek sudah ada posko, baik di Kodim maupun di beberapa posko lainnya. Kesiapan posko di sini sudah lengkap dan saling mendukung," kata Dudung dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Jenderal Dudung mengatakan, pihaknya akan membantu proses relokasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Menurutnya, para prajurit TNI sudah siap untuk membantu rencana relokasi para pengungsi itu.

"Kami cek kesiapan untuk relokasi, secara personil dan meterial sudah siap, tinggal menunggu komando dari Bapak Bupati, kita langsung bergerak," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, sudah ada tiga alternatif lokasi yang akan digunakan untuk relokasi warga yang rumahnya terdampak awan panas Gunung Semeru. Yaitu Desa Penanggal, Desa Oro-oro Ombo dan Desa Supiturang.

Selain itu, saluran udara juga harus ada, jaringan listrik terpenuhi dan luasannya cukup untuk pembagian lahan pembangunan rumah. Selain itu juga harus ada penataan untuk fasilitas umum, seperti masjid, jalan, sanitasi dan beberapa kebutuhan mendasar untuk pemukiman.

"Kami terus berkordinasi dengan lintas lembaga agar proses relokasi masyarakat yang terdampak erupsi Semeru bisa segera terselesaikan," katanya.

Diketahui, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran pada Sabtu (4/12/2021). Ribuan rumah di Kabupaten Lumajang terdampak awan panas tersebut. 

 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/13/211041978/jenderal-dudung-prajurit-siap-bantu-relokasi-warga-terdampak-erupsi-semeru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke