Salin Artikel

Bobby Nasution Sebut Kota Medan Masuk PPKM Level 1

MEDAN, KOMPAS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyatakan saat ini Kota Medan sudah masuk dalam daftar daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Padahal, pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terbaru yang kemudian diteruskan dengan Instruksi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) tentang perpanjangan masa PPKM di Sumut, Medan masih bertahan di PPKM level 2.

Bobby menyebutkan, Kota Medan berada pada PPKM level 1 karena sejumlah indikator, salah satunya terkait vaksinasi.

"Benar Medan baru saja masuk PPKM level 1. Ada beberapa indikator dan sudah penuhi syarat. Terutama paling tinggi indikator testing harian kita penuhi syarat, vaksinasi lansia juga sudah terus dilakukan. Kita komitmen tingkatkan vaksinasi lansia di 60 persen," kata Bobby melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/12/2021).

Satu hal yang menarik adalah cara Bobby untuk memaksimalkan vaksinasi untuk kelompok lansia dengan kesulitan tersendiri.

Sebab lansia diketahui banyak yang mengidap penyakit bawaan atau komorbid.

Bobby kemudian memberi perintah kepada jajarannya agar vaksinasi untuk kelompok lansia bisa lebih massif.

Caranya dengan konsep wisata medis atau medical tourism.

"Kita hadir lebih dekat kepada masyarakat untuk vaksin. Misalnya kalau akhir pekan banyak masyarakat berlibur ke hotel-hotel atau tempat wisata, maka di sana kita hadirkan pelayanan vaksinasi. Di situ kita berikan juga vaksin kepada lansia. Jadi kita benar-benar kejar target agar vaksinasi lansia di atas 60 persen," terang Bobby.

"Intinya kita hadir di banyak tempat yang memudahkan masyarakat untuk vaksin. Terutama lansia. Fasilitas untuk vaksin kita perbanyak, kita pantau juga di Peduli Lindungi," pungkas menantu Presiden Jokowi itu.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/13/084858278/bobby-nasution-sebut-kota-medan-masuk-ppkm-level-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke