Salin Artikel

Beda Pilihan Saat Pilkades, 5 Keluarga di Toli-toli Diusir secara Paksa

Para warga itu dipindahkan secara paksa karena berbeda pilihan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang baru saja digelar di Kabupaten Toli-Toli.

Rumah lima KK tersebut bahkan juga dipindahkan dari lokasi awal ke tempat lain sejak Sabtu (4/12/2021).

Pengusiran oleh sang pemilik lahan diduga karena kesal lantaran perbedaan dukungan saat Pilkades berlangsung.

Beda pilihan

Salah seorang warga, Alan (45) yang menjadi korban pengusiran mengaku, tindakan pemilik lahan tersebut terkait dengan perbedaan pilihan dukungan saat Pilkades.

Diakuinya, beberapa hari sebelum pencoblosan, pemilik lahan telah mendatangi lima orang pemilik rumah.

Mereka diminta mengikuti pilihan pemilik lahan untuk memilih Cakades nomor 1, dalam Pilkades Galumpang.

Jika tidak, mereka harus siap-siap untuk dipindahkan.

"Sebelum pencoblosan, kami semua sudah diancam agar memilihnya, karena tidak terpilih, maka risikonya saya harus pindah," ungkap Alan yang dikonfirmasi via telepon pada Sabtu (11/12/2021).


Cakades membantah terlibat

Sementara itu secara terpisah, Calon Kades (Cakades) nomor urut 1 Musran membantah kalau dirinya terlibat dalam aksi pengusiran atau pengangkatan lima unit rumah warga.

Diakuinya, semua proses pemindahan rumah warga tersebut dipimping langsung oleh tim sukses dan simpatisan Cakades nomor urut 4 atas nama Fajrin Asnawi.

"Memang betul itu lokasi adalah milik tim sukses atau simpatisan dari saya, akan tetapi tidak pernah saya ada instruksi atau perintah agar mereka pindahkan rumahnya dari lokasi tersebut," ujar dia.

"Demi Allah saya tidak pernah menyuruh atau saya terlibat, mereka sendiri yang mengangkat rumahnya," ungkap Musran saat dikonfirmasi via telepon pada Sabtu (11/12/2021).

Hingga berita ini diturunkan, panitia Pilkades Desa Galumpang, Kecamatan Dakopamean masih terus berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) terkait pemilihan Kepala Desa yang berakhir imbang.

Pilkades tersebut berujung pengusiran lima keluarga karena dugaan perbedaan pilihan.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/12/074708678/beda-pilihan-saat-pilkades-5-keluarga-di-toli-toli-diusir-secara-paksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke