Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,1 di Teluk Tomini, Terasa di Kotamobagu dan Gorontalo

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo magnitudo 5,1.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Hennry Mengko menjelaskan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,05° LS; 122,96° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 kilometer arah selatan Kota Gorontalo, Gorontalo, pada kedalaman 156 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat subduksi Lempeng Laut Sulawesi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," kata Edward, lewat pesan singkat, Sabtu pagi.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Kotamobagu dan Gorontalo III MMI, dan Wakai II-III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Edward.

Hingga pukul 03.05 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbaunya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/11/071653978/gempa-magnitudo-51-di-teluk-tomini-terasa-di-kotamobagu-dan-gorontalo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke