Salin Artikel

Ibu Muda Korban Pemerkosaan 4 Pria: Saya Merasa Lega Sudah Bisa Menceritakan Semua Masalah Ini

PEKANBARU, KOMPAS.com - ZU (19), seorang ibu muda yang menjadi korban pemerkosaan, tengah menjalani konsultasi psikologis.

Korban menjalani pemulihan mental di Rumah Perlindungan dan Trauma Center Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, yang didampingi petugas Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Ditreskrimum Polda Riau.

Sudah beberapa hari, korban bersama suami, S (28) dan seorang anaknya diberikan pendampingan oleh Polda Riau.

Korban pun merasa jauh lebih baik setelah diberikan pendampingan oleh PPA tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih kepada polisi yang sudah memberikan tempat yang nyaman kepada kami. Saya merasa lega, sudah bisa menceritakan semua permasalahan saya. Rasa takut saya sudah berkurang. Ternyata banyak yang sayang pada saya, mau mendengar permasalahan saya," ucap korban kepada wartawan, Jumat (10/12/2021).

Korban melanjutkan, saat ini kondisinya jauh lebih tenang lantaran Polda Riau telah menjamin bahwa penanganan kasus yang dilaporkan korban terus berproses.

Ditambah lagi, ZU saat ini sudah diberi perlindungan penuh dalam statusnya sebagai korban.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Teddy Ristiawan mengatakan, selain memberikan pendampingan kepada korban, Polda Riau juga memfasilitasi keluarga korban.

"Dengan demikian, korban bisa fokus dalam pemeriksaan, jika penyidik membutuhkan keterangannya untuk pendalaman perkara," ujar Teddy saat diwawancarai wartawan dalam konferensi pers di Polda Riau, Kamis (9/12/2021).

Ia mengatakan, saat ini korban diberikan pendampingan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi korban dan keluarganya.

"Kepada korban dan keluarganya, kami berikan pendampingan khusus oleh unit PPA. Kemudian, kami inisiasi untuk diberikan pemeriksaan psikologis klinis oleh ahli psikologi unit pelayanan terpadu perempuan dan anak Dinsos Riau sejak kemarin," ucap Teddy.

Terkait penanganan perkaranya, kata dia, Polda Riau ikut turun tangan. Saat tengah didalami keterangan tiga orang terduga pemerkosa korban.

Sebagaimana diberitakan, seorang ibu muda berinisial ZU (19) mengaku diperkosa empat orang pria di Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rohul.

Korban mengaku diperkosa berulangkali oleh pelaku sejak Agustus 2021 lalu.

Keempat pelaku merupakan teman dari suaminya, S (28).

Korban mengaku sempat diancam dengan menggunakan pisau, supaya tidak buka suara kepada suami ataupun pada orang lain.

Bahkan, korban juga mengaku bayinya yang berusia dua bulan dibanting oleh tersangka AR alias DK, hingga bayi itu meninggal dunia.

Kasus pemerkosaan itu akhirnya dilaporkan korban ke Polsek Tambusai Utara.

Namun, sejak kasus itu dilaporkan, polisi hanya menangkap satu orang pelaku. Polisi menyebut korban saat itu hanya melaporkan satu pelaku.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/10/124558478/ibu-muda-korban-pemerkosaan-4-pria-saya-merasa-lega-sudah-bisa-menceritakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke