Salin Artikel

Jumlah Lansia di Jombang yang Sudah Mendapat Vaksin Dosis 2 Masih Kurang dari 50 Persen

Namun, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang Budi Nugroho, pencapaian itu belum melegakan karena vaksinasi lansia untuk dosis 2 masih di bawah 50 persen.

Dia mengungkapkan, saat ini dari 128.502 lansia sasaran vaksinasi, sebanyak 90.700 orang sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis 1.

Sedangkan jumlah lansia yang sudah melakukan vaksinasi penuh sebanyak 60.653 orang.

Pihaknya menargetkan pada Desember ini jumlah lansia yang mendapatkan suntikan vaksin dosis 2, bisa menyamai pencapaian vaksinasi dosis 1.

"Kita terus berupaya agar lansia yang sudah suntik dosis 1 bisa segera disuntik dosis 2. Sekarang yang sudah vaksin dosis 2 masih kurang dari 50 persen," kata Budi kepada Kompas.com, Kamis (9/12/2021).

Selain itu, lanjut Budi, pihaknya meminta petugas kesehatan yang tersebar ke desa-desa, terus berupaya meningkatkan partisipasi lansia yang belum vaksin agar mau mengikuti vaksinasi.

Dia menambahkan, cakupan vaksinasi saat ini sudah mencapai target minimal yang ditetapkan, yakni 70 persen.

Rinciannya, sebanyak 80,72 persen sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis 1 dan suntikan dosis 2 sebanyak 63,50 persen.

Pada Desember ini, ungkap Budi, pihaknya berupaya menuntaskan vaksinasi dosis 2 hingga pencapaiannya sama dengan pencapaian dosis 1.

"Kita berharap bulan ini bisa 100 persen. Kita berusaha agar pencapaian penyuntikan dosis 2, bisa menyusul seperti pencapaian dosis 1," ujar dia.

Budi menjelaskan, pencapaian vaksinasi penuh sangat diperlukan agar tercipta herd immunity.

Meski sudah vaksin, Budi mengingatkan agar masyarakat tetap disipilin memakai masker, rajin cuci tangan serta tetap menjaga jaraka karena ancaman penyebaran Covid-19 masih ada.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/09/173434178/jumlah-lansia-di-jombang-yang-sudah-mendapat-vaksin-dosis-2-masih-kurang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke