Salin Artikel

20 ABK Vietnam Positif Covid-19, Kapalnya Dilarang Bongkar Muat di Perairan Kaltim

SAMARINDA, KOMPAS.com – Sebuah kapal berbendera Vietnam dengan jumlah 22 Anak Buah Kapal (ABK) dilarang melakukan bongkar muat di wilayah perairan Muara Berau, Kabupaten Kutai Kartangara, Kaltim.

Sebab, 20 ABK di antaranya didiagnosa positif Covid-19 setelah Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas II Samarinda melakukan tes PCR.

Posisi kapal itu kini labuh jangkar di perairan Muara Berau wilayah Kesyahbandaran Samarinda.

Pihak KKP Samarinda menetapkan status kapal dalam masa karantina selama 14 hari.

“Alhamdulillah kami bisa deteksi, sehingga bisa kami lakukan tindakan pengamanan berupa kapal dinyatakan dalam karantina, sehingga belum boleh ada aktivitas bongkar muat,” ungkap Kepala KKP Klas II Samarinda, H Solihin saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Solihin menyebut, ABK yang positif dalam keadaan umum baik serta melakukan isolasi mandiri dalam kapal.

Masa karantina diberlakukan selama 14 hari ke depan, namun, kata dia, tetap menyesuaikan dengan perkembangan kondisi kesehatan 20 ABK tersebut.

“Apabila kondisi membaik maka status kapal karantina akan dicabut, tapi apabila kondisi masih belum membaik maka status karantina akan diperpanjang selama 14 hari lagi ke depan,” ujar dia.

Solikin menuturkan, kapal dengan berat kotor 31.261 GT itu bertolak dari Pelabuhan Ho Chi Minh, Vietnam, dan tiba di Perairan Muara Berau, Katim, Senin (6/12/2021).


Setelah tiba, timnya melakukan pemeriksaan antigen. Awalnya hasil tes antigen didapatkan hasil 18 orang positif.

Namun, keesokan harinya, dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR didapat hasil positif Covid-19 sebanyak 20 ABK. Semuanya warga negara Vietnam.

“Seluruh perwira kapal baik dari kapten, chief officer, second officer, third officer, chief enginering, dan lainnya dinyatakan positif Covid-19,” tutur dia.

Atas kondisi tersebut, kata dia, selama masa karantina pihaknya akan melakukan kegiatan tracing kontak dan kegiatan karantina di kapal berupa penyemprotan disinfekstan.

“Kami bersama lintas sektor terkait KSOP, Polsek Pelabuhan, Imigrasi dan unsur maritim lainnya sudah berkoordinasi untuk tetap memantau, termasuk berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota dan Kaltim,” pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/08/162137478/20-abk-vietnam-positif-covid-19-kapalnya-dilarang-bongkar-muat-di-perairan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke