Salin Artikel

PPKM Level 3 Batal, Obyek Wisata Alam di Tasikmalaya Buka Saat Libur Nataru

Apalagi adanya pembatalan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 serentak menjelang Nataru oleh Pemerintah Pusat.

Hal ini membuat wilayah Kabupaten Tasikmalaya tetap berstatus level 2 PPKM dan tentunya akan ada beberapa kelonggaran menjelang Nataru.

"Meski demikian, kita tetap akan memperketat protokol kesehatan di kalangan masyarakat. Jadi obyek wisata tetap kita akan buka untuk memggeliatkan kembali roda ekonomi masyarakat. Jadi, jangan sampai masyarakat terlalu euforia liburan, dan ingat selalu menerapkan prokes ketat saat berlibur," jelas Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Kasus Covid-19 di kabupaten Tasikmalaya melandai

Cecep menambahkan, saat ini kasus di wilayahnya sudah melandai dengan tingkat bed occupancy rate (BOR) rumah sakit sampai lebih dari 90 persen.

Penyebaran Covid-19 di wilayahnya pun sudah rendah dan hanya menyisakan beberapa orang menjalani isolasi mandiri.

Sehingga, persiapan jelang Nataru di Kabupaten Tasikmalaya akan tetap menunggu instruksi pusat selanjutnya setelah ada pembatalan PPKM 3 serentak jelang Nataru 2021.

"Tapi, tetap kita juga menunggu instruksi pusat terbaru seusai ada pembatalan PPKM level 3 serentak oleh pusat. Jika ada aturan baru, kita tetap akan melaksanakannya," tambah dia.


Pariwisata dibuka, ekonomi rakyat berputar

Namun, Cecep berharap upaya lewat regulasi pusat tetap mengedepankan penekanan penyebaran kasus dengan mendorong berjalannya roda ekonomi masyarakat.

Sehingga, penanganan Covid-19 tetap berjalan dan penghasilan masyarakat bisa berjalan normal kembali salah satunya lewat usaha pariwisata.

"Adapun usaha pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya masih mengandalkan keindahan alam. Mulai dari pegunungan, sungai sampai pantai pinggir lautan. Mulai Galunggung, Pantai Cipatujah, sampai lokasi air terjun atau curug yang tersebar di wilayah Kabupaten Tasikmalaya," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinasi Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan pembatalan PPKM level 3 serentak jelang Nataru 2021.

Adapun aturannya nanti akan diberlakukan sesuai dengan instruksi Kemendagri terbaru kepada semua daerah di Indonesia selama liburan Natal dan tahun baru 2021. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/08/143802678/ppkm-level-3-batal-obyek-wisata-alam-di-tasikmalaya-buka-saat-libur-nataru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke