Salin Artikel

Jembatan Gladak Perak Bakal Dibangun Lagi, Khofifah: Keberadaannya Vital untuk Masyarakat

LUMAJANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendapatkan kepastian terkait pembangunan jembatan Gladak Perak yang ambruk karena erupsi Gunung Semeru.

Jembatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang akan dibangun kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Tadi Pak Menteri PUPR, Pak Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dalam waktu dua bulan ke depan akan dibangun jembatan gantung agar koneksitas antara kedua wilayah tetap terhubung,” kata Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, kata dia, Kementerian PUPR juga akan membangun jembatan permanen dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

Menurut Khofifah, kepastian dibangunnya jembatan darurat ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan dan sangat ditunggu masyarakat. 

Sebab, warga yang ingin ke Lumajang atau Malang, tidak perlu memutar melewati Probolinggo.

“Jembatan ini adalah jalur ekonomi, jalur pendidikan, dan juga jalur pemerintahan. Jadi tentu saja keberadaanya sangat vital untuk aktivitas masyarakat,” tambah dia.

Khofifah mengapresiasi kedatangan presiden Joko Widodo yang hadir langsung ke Lumajang pada Selasa (7/12/2021) yang dinilai bentuk perhatian kepada masyarakat Kabupaten Lumajang.

“Ini akan menjadi penyemangat bagi para korban untuk segera bangkit,” terang dia.

Sebelumnya diberitakan Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.20 WIB dengan mengeluarkan awan panas di wilayah Lumajang dan sekitarnya.

Hujan deras pada hari itu juga menyebabkan lahar dingin dari kawah gunung tertinggi di Pulau Jawa itu meluncur deras menerjang desa di bawahnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/08/103758878/jembatan-gladak-perak-bakal-dibangun-lagi-khofifah-keberadaannya-vital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke