Salin Artikel

BMKG Ungkap Penyebab Gelombang Pasang yang Munculkan Rob di Sulut

MANADO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Bitung mengungkap penyebab terkait adanya fenomena gelombang pasang yang menyebabkan rob di beberapa wilayah pesisir utara Sulawesi Utara, Selasa (7/12/2021).

"Perlu kami sampaikan bahwa hal itu terjadi karena adanya peningkatan kecepatan angin yang searah dengan arah datangnya gelombang pada fase pasang maksimum dengan puncaknya terjadi sekira pukul 19.00 Wita hingga 20.00 Wita," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Andi Cahyadi, saat dikonformasi, Selasa malam.

Fenomena hujan lebat di sertai angin kencang kemungkinan akan berlangsung hingga bulan Desember akhir 2021 serta awal Januari 2022.

Namun, fenomena pasang maksimum atau rob kemungkinan mulai berangsur menurun setiap harinya mulai terjadi pada pukul 02.00 dini hingga pagi hari.

"Dan periodenya akan berulang setiap hari kemungkinan pasang maksimum akan terjadi kembali pada malam hari sekitar pukul 19.00 Wita hingga 20.00 Wita," ujar dia.

Untuk itu, pihaknya mengimbau warga pesisir Sulawesi Utara lebih waspada.

"Dan selalu meng-update informasi prakiraan cuaca yang disampaikan oleh BMKG Maritim Bitung," imbau dia.

Wilayah bisnis di lahan reklamasi terutama Manado Town Square (Mantos), Manado, Sulawesi Utara, diterjang gelombang pasang hingga terjadi banjir rob, Selasa (7/12/2021).

Dalam video yang beredar di media sosial maupun grup WhatsApp, di belakang Mantos yang biasa menjadi tempat parkir kendaraan, gelombang air laut melebih batas normal.


Ombak pantai di kawasan ini bahkan sampai ke badan jalan, yang membuat area tersebut terendam banjir rob.

Terlihat juga dalam video, ombak besar menyeret kendaraan mobil yang melintasi di area parkir.

Beberapa mobil yang diparkir dekat tepi pantai juga terdampak gelombang pasang.

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Bitung mengeluarkan rilis informasi potensi banjir pesisir (rob) di Wilayah Sulawesi Utara.

Menurut BMKG, potensi banjir rob mulai Senin (6/12/2021) sampai Kamis (9/12/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/12/07/212814578/bmkg-ungkap-penyebab-gelombang-pasang-yang-munculkan-rob-di-sulut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke