Salin Artikel

2 Hari Diguyur Hujan, Ratusan Rumah di Desa Kuta Lombok Tengah Terendam Banjir

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Ridwan Makruf menyampaikan, banjir disebabkan intensitas hujan yang terus-menerus mengguyur di wilayah keseluruhan Lombok, termasuk Desa Kuta.

"Penyebab banjir ini hujan yang terus menerus, mulai dari hari Minggu hingga Senin kemarin, sangat lama sekali, dan mengakibatkan banjir," ungkap Ridwan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (7/12/2021)

Dari banjir tersebut setidaknya ada 200 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak di empat dusun yakni Dusun Emong, Mengalung, Batu Riti, dan Merendeng.

"Ada sekitar 200 KK terendam banjir, tinggi banjir mencapai dada orang dewasa, sekitar 1,5 sampai 2 meter-lah," kata Ridwan.

Dijelaskan Ridwan, banjir mulai terjadi pada pukul 22.00 Wita hingga membuat warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Kejadiannya sekitar pukul 10 (malam),  warga sempat mengungsi ke musala menyelamatkan diri, dan sekitar pukul 2 dini hari, airnya sudah surut," kata Ridwan.

Hingga saat ini pihak BPBD masih mendata korban banjir, dan selanjutnya akan melakukan droping bantuan logistik.

Ridwan mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi, yang kapan saja bencana bisa saja terjadi.

Desa Kuta di Lombok Tengah sebelumnya diterjang banjir pada akhir Januari 2021. Saat itu 350 KK terdampak. 

Area Sirkuit Mandalika juga turut terendam banjir. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/07/082739578/2-hari-diguyur-hujan-ratusan-rumah-di-desa-kuta-lombok-tengah-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke