Salin Artikel

Ridwan Kamil Terjunkan JQR, Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Ia juga menyiapkan kebutuhan logistik untuk warga terdampak erupsi, termasuk tenda besar untuk pengungsian.

"Kami sudah memerintahkan Jabar Quick Response, timnya sedang bergerak ke sana untuk membantu apa pun dari logistik, dari pertolongan kemanusiaan. Ada empat tenda besar juga kita sumbangkan jika dibutuhkan di sana," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam keterangan resminya, Senin (6/12/2021).

Emil mewakili rakyat Jabar berharap agar aktivitas sosial ekonomi di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Lumajang, bisa segera pulih kembali.

"Kami turut berdukacita atas musibah dari erupsi Gunung Semeru. Diberitakan ada yang meninggal dunia juga sekitar 13-14 orang. Mudah-mudahan (aktivitas masyarakat) lekas normal. Doa dari rakyat Jawa Barat untuk rakyat Jawa Timur, khusunya di Kabupaten Lumajang," kata Emil.

Sementara itu, Ketua Harian JQR Reggi Kayong Munggaran telah membentuk Team Respons Kemanusiaan Jabar untuk Semeru.

Tim tersebut beranggotakan pegiat mitigasi yang dibekali peralatan evakuasi dan berkompetensi dalam misi SAR.

"Tidak perlu lama, JQR berangkat pada Minggu malam dari Bandung. Sebelumnya, dilakukan pemetaan dan rencana operasi, dari mulai peralatan yang dibawa, budgeting dan job desc masing-masing personel dan lainnya," kata Reggi, Senin.

Adapun bantuan yang sudah disalurkan JQR berupa 10 tenda berukuran besar untuk rumah sakit darurat dan fungsi lain, seperti tenda pengungsian.

Reggi menuturkan, tim yang sudah berangkat lebih dahulu mengirimkan bantuan sekaligus melakukan pendataan untuk proyeksi pengiriman bantuan selanjutnya.

"Dengan data tersebut, kebutuhan di lapangan akan lebih rinci, tepat guna, dan tepat sasaran. Pengiriman bantuan ke depan dari Jabar akan berdasarkan data yang dihimpun di lokasi," ucap dia.

Dalam menyalurkan bantuan, JQR berkolaborasi dengan sejumlah pihak, mulai dari Basarnas Jabar, Wanadri, Biksers Brotherhood West Java Chapter, Land Rover Club Bandung (LRCB), Bank BJB, Baznas Jabar, sampai Eiger.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/06/190324378/ridwan-kamil-terjunkan-jqr-bantu-korban-erupsi-gunung-semeru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke