Salin Artikel

Pesawat Lion Air, Super Air Jet, Citilink, hingga Batik Air, Gagal Mendarat di Bali

Keempat penerbangan tersebut menggunakan pesawat Super Air Jet, Citilink, Batik Air, dan Lion Air.

"Yang terdampak ada empat (penerbangan), satu kembali ke bandara asal atau return to base (RTB), tiga lagi divert atau pengalihan pendaratan," kata Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Taufan Yudhistira saat dihubungi, Senin (6/12/2021).

Tiga pesawat yang divert yaitu penerbangan dari Makassar tujuan Bali yang harusnya mendarat pukul 20.40 Wita dan dialihkan ke Cengkareng, Tangerang.

Kemudian pesawat dengan rute Bandung-Bali dialihkan ke Surabaya.

Sementara satu rute penerbangan lagi yakni rute Cengkareng-Bali dilaihkan ke Surabaya.

Adapun satu pesawat yang memutuskan return to base ke Cengkareng adalah Super Air Jet yang dijadwalkan mendarat pukul 17.40 Wita.

Namun, setalah cuaca membaik, pesawat itu akhirnya diberangkatkan.

"Kalau pembatalan tidak ada. Untuk hari ini dari tadi pagi tak ada penerbangan yang tertunda dan berjalan normal," jelasnya.

Waspada cuasa ekstrem

Sejak Minggu (5/12/2021) malam hingga Senin pagi, Bali selatan dan tengah dilanda hujan lebat.


Prakirawan BMKG Wilayah III Denpasar Diana Hikmah mengatakan, curah hujannya sekitar 187,5 milimeter dan masuk kategori ekstrem.

Hal ini karena ada pola konvergesi yang terbentuk di wilayah Bali sehingga massa udara terkumpul di Bali dan berpotensi terbentuk awan hujan.

"Konvergensi adalah pola pertemuan angin di wilayah Bali. Denpasar sendiri dari data curah hujan kemarin hingga pagi sebesar 187,5 milimeter dan masuk kategori ekstrem," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin.

Untuk itu warga diimbau tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat terjadi sewaktu-waktu yang dapat menimbulkan  banjir dan tanah longsor.

Berdasarkan data dari BMKG, cuaca ekstrem tersebut kemungkinan akan menurun dalam dua hari ke depan. (Penulis Kontributor Bali, Ach. Fawaidi | Editor Priska Sari Pratiwi)

https://regional.kompas.com/read/2021/12/06/182823478/pesawat-lion-air-super-air-jet-citilink-hingga-batik-air-gagal-mendarat-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke