Salin Artikel

Waspadai Cuaca Buruk, Wali Kota Makassar Minta Lurah dan Camat Melapor Tiap 2 Jam

Perintah itu diberikan setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mulai 5 hingga 7 Desember 2021.

Danny menyatakan, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan lurah untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan angin kencang.

"Saya memerintahkan seluruh camat dan lurah untuk melaporkan kondisi wilayahnya setiap 2 jam lewat WAG (WhatsApp Group),” kata dia, Senin (6/12/2021).

Wali Kota Makassar berusia 57 tahun itu juga menyatakan, pihaknya telah membuat posko siaga bencana di Recover Center masing-masing kelurahan.

Dia menerangkan, Recover Center tersebut berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

"BPBD Makassar juga harus melakukan monitoring 153 kelurahan di 15 kecamatan melalui ruang War Room kantor Balai Kota Makassar,” jelas Danny Pomanto.

Sebelumnya, BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca buruh yang diprediksi terjadi di Sulawesi Selatan selama tiga hari, mulai 5 hingga 7 Desember 2021.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat, meliputi Kabupaten Pinrang, Barru, Pangkep dan Kepulauan, Maros, Gowa, Takalar, Kota Makassar, dan Parepare.

Sedangkan untuk wilayah tengah meliputi Kabupaten Enrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, dan Tana Toraja.

Dari pantauan Kompas.com, hujan sedang hingga lebat terus mengguyur Kota Makassar sejak Minggu (5/12/2021) kemarin. Sejumlah ruas jalan telah digenangi air.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/06/161846878/waspadai-cuaca-buruk-wali-kota-makassar-minta-lurah-dan-camat-melapor-tiap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke